Penguatan Karakter Nasionalis dan Religius melalui Pembelajaran PPKn di SMP YPM 3 Taman
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7255Abstract
Tantangan globalisasi menjadi sangat kompleks karena teknologi komunikasi dan informasi yang sangat mudah diakses dalam waktu sekejap, melihat akibat dari globalisasi menjadikan salah satu tantangan yakni dapat membuat terkikisnya rasa nasionalisme dan religius pada pemuda, untuk itu perlunya strategi dari guru untuk penguatan karakter nasionalis dan religius. Tujuan penelitian ini yakni mendeskripsikan penguatan karakter nasionalis dan religius melalui pembelajaran PPKn pada kelas VIII di SMP YPM 3 Taman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini melalui pendekatan kualitatif desain deskriptif, pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini guru PPKn kelas VIII melakukan strategi penguatan karakter nasionalis dan religius (1) melalui pembelajaran PPKn yang menyenangkan melalui materi Sumpah Pemuda Tahun 1928 dalam Bingkai Bhineka Tunggal Ika pada kelas VIII dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning serta didukung dengan penayangan video perjuangan bangsa, (2) Penguatan karakter nasionalis dan religius melalui pemanfaatan media sosial, (3) melalui komunikasi yang baik dengan pembiasaan berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Indonesia, (4) membangun pembiasaan sikap sopan santun saat pembelajaran PPKn dengan pengaplikasian 6S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan Santun, Selamanya). Hasil penelitian ini menguatkan teori penanaman nilai karakter dari Thomas Lickona bahwa dalam penguatan karakter nasionalis dan religius sejalan melalui pengetahuan (moral knowing), perasaan (moral feeling), dan tindakan (moral action), yang dilaksanakan secara bersamaan dan diulang-ulang yang akan menjadi pembiasaan untuk menguatkan karakter nasionalis dan religius bagi peserta didik.Downloads
Published
2022-10-05
How to Cite
Kurniasari, . V. D. ., & Harmanto, H. (2022). Penguatan Karakter Nasionalis dan Religius melalui Pembelajaran PPKn di SMP YPM 3 Taman. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 4061–4079. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7255
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Vina Dwi Kurniasari, Harmanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









