Upaya Guru PPKn dalam Menciptakan Student wellbeing di SMA Negeri 1 Krian
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7223Abstract
Fokus penelitian ini adalah menelaah upaya yang dilakukan guru PPKn dalam menciptakan student wellbeing di SMA Negeri 1 Krian. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori belajar konstruktivistik yang dikemukakan oleh Vygotsky. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, sedangkan desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui tiga cara, yaitu: wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik yang memenuhi syarat. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa upaya guru PPKn dalam menciptakan student wellbeing adalah (1) Merumuskan pembelajaran sesuai kebutuhan peserta didik, (2) Mengendalikan kondisi dan suasana di kelas, (3) Membangun kedekatan serta hubungan positif dengan peserta didik dan, (4) Memberikan motivasi dan apresiasi pada peserta didik. Penelitian ini juga menggambarkan mengenai student wellbeing menurut peserta didik kelas X di SMA Negeri 1 Krian. Menurut peserta didik kelas X di SMA Negeri 1 Krian student wellbeing ini menjadi sangat penting karena bagi meraka student wellbeing akan membuat nyaman selama pembelajaran yang pembelajaran memengaruhi hasil belajarnya.Downloads
Published
2022-10-02
How to Cite
Fadillah, A. P. N. ., & Harmanto, H. (2022). Upaya Guru PPKn dalam Menciptakan Student wellbeing di SMA Negeri 1 Krian. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 3859–3878. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7223
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Ajeng Putri Nur Fadillah, Harmanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









