Upaya Guru PPKn dalam Menciptakan Student wellbeing di SMA Negeri 1 Krian

Authors

  • Ajeng Putri Nur Fadillah Universitas Negeri Surabaya
  • Harmanto Harmanto Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7223

Abstract

Fokus penelitian ini adalah menelaah upaya yang dilakukan guru PPKn dalam menciptakan student wellbeing di SMA Negeri 1 Krian. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori belajar konstruktivistik yang dikemukakan oleh Vygotsky. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, sedangkan desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui tiga cara, yaitu: wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik yang memenuhi syarat. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa upaya guru PPKn dalam menciptakan student wellbeing adalah (1) Merumuskan pembelajaran sesuai kebutuhan peserta didik, (2) Mengendalikan kondisi dan suasana di kelas, (3) Membangun kedekatan serta hubungan positif dengan peserta didik dan, (4) Memberikan motivasi dan apresiasi pada peserta didik.  Penelitian ini juga menggambarkan mengenai student wellbeing menurut peserta didik kelas X di SMA Negeri 1 Krian. Menurut peserta didik kelas X di SMA Negeri 1 Krian student wellbeing ini menjadi sangat penting karena bagi meraka student wellbeing akan membuat nyaman selama pembelajaran yang pembelajaran memengaruhi hasil belajarnya.

Downloads

Published

2022-10-02

How to Cite

Fadillah, A. P. N. ., & Harmanto, H. (2022). Upaya Guru PPKn dalam Menciptakan Student wellbeing di SMA Negeri 1 Krian. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 3859–3878. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7223