Penguatan Lima Nilai Utama Karakter melalui Budaya Sekolah di Madrasah Aliyah Negeri Sidoarjo
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7171Abstract
Penguatan nilai karakter merupakan suatu upaya yang penting untuk dilakukan kepada generasi muda khususnya di kalangan pelajar, hal ini dikarenakan nilai menjadi landasan yang mempengaruhi dan mengatur seseorang dalam berperilaku. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penguatan lima nilai utama karakter melalui budaya sekolah di MAN Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan teori kognitif sosial dari Albert Bandura. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penguatan lima nilai utama karakter (religius, mandiri, nasionalis, integritas, dan gotong royong) di MAN Sidoarjo ini dilakukan melalui integrasi dalam program sekolah, keteladanan, serta pengembangan diri melalui ekstrakulikuler. Integrasi dalam program sekolah yang menunjang penguatan nilai karakter religius dilaksanakan melalui menghafal Al-Quran dalam kelas unggulan tahfidz Quran dan BTQ (Bimbingan Tahfidzul Quran), sedangkan program yang menunjang penguatan nilai karakter mandiri dilakukan melalui pemenuhan kebutuhan diri dalam program boarding school, dan penguatan nilai karakter gotong royong dilaksanakan melalui budaya bersih menjaga kebersihan sekolah dalam program 9K. Adapun kegiatan keteladanan dalam penguatan nilai karakter integritas meliputi keteladanan tenaga pendidik dalam menaati tata tertib sekolah. Selain itu pengembangan diri melalui ekstrakulikuler mansda riset dan gerakan literasi madrasah dilakukan sebagai bentuk penguatan nilai karakter nasionalis. Penguatan nilai karakter yang di lakukan oleh MAN Sidoarjo melalui budaya sekolah ini sebagai upaya sekolah dalam memperkuat karakter dan membentengi diri para peserta didik untuk meminimalisir terjadinya dekandansi moral dengan berbekal nilai karakter dan ilmu agama yang kuat di era disrupsi globalisasi.Downloads
Published
2022-09-30
How to Cite
Rahayu, . . D. A. ., & Harmanto, H. (2022). Penguatan Lima Nilai Utama Karakter melalui Budaya Sekolah di Madrasah Aliyah Negeri Sidoarjo . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 3542–3562. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7171
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Dwi Agustina Rahayu, Harmanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









