Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Keterampilan Tata Busana Melalui Metode Pembelajaran Drill Pada Siswa Kelas XI IPS 1 MAN 3 Kota Padang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14090Abstract
Metode pembelajaran Drill membuat siswa aktif dalam proses pembelajaran. Metode pembelajaran drill memungkinkan siswa untuk selalu belajar dan mengevaluasi pembelajaran yang telah dipelajari. Metode ini memanfaatkan pemahaman siswa untuk mempelajari matei dan kosep secara optimal. Berdasarkan hasil belajar siswa kelas XI IPS 1 MAN 3 Kota Padang dalam mata pelajaran keterampilan tata busana ditemukan bahwa hasil belajar siswa dalam mata pelajaran keterampilan tata busana masih sangat rendah. Rata-rata hasil belajar siswa masih berada di bawah KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mendapatkan informasi tentang upaya meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran keterampilan tata busana mengenal teknologi menjahit melalui metode pembelajaran Drill di Kelas XI IPS 1 MAN 3 Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian dalam penelitian ini meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian terdiri dari 33 Orang peserta didik Kelas XI IPS 1 MAN 3 Kota Padang. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi dan ulangan harian. Data dianalisis dengan menggunakan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dikemukakan, maka dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Drill dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran keterampilan tata busana materi mengenal teknologi menjahit di MAN 3 Kota Padang . Hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar siswa pada siklus I adalah 56,61(Cukup) meningkat menjadi 85.21 (Baik) dengan peningkatan sebesar 28,61%Downloads
Published
2023-04-15
How to Cite
Yenni, Y. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Keterampilan Tata Busana Melalui Metode Pembelajaran Drill Pada Siswa Kelas XI IPS 1 MAN 3 Kota Padang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 4369–43764. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14090
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Yenni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).