Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Keterampilan Tata Busana Melalui Metode Pembelajaran Drill Pada Siswa Kelas XI IPS 1 MAN 3 Kota Padang

Authors

  • Yenni Yenni MAN 3 Kota Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14090

Abstract

Metode pembelajaran Drill membuat siswa aktif dalam proses pembelajaran. Metode pembelajaran drill memungkinkan siswa untuk selalu belajar dan mengevaluasi pembelajaran yang telah dipelajari. Metode ini memanfaatkan pemahaman siswa untuk mempelajari matei dan kosep secara optimal. Berdasarkan hasil belajar siswa kelas XI IPS 1 MAN 3 Kota Padang dalam mata pelajaran keterampilan tata busana ditemukan bahwa hasil belajar siswa dalam mata pelajaran keterampilan tata busana masih sangat rendah. Rata-rata hasil belajar siswa masih berada di bawah KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mendapatkan informasi tentang upaya meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran keterampilan tata busana mengenal teknologi menjahit melalui metode pembelajaran Drill di Kelas XI IPS 1  MAN 3 Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian dalam penelitian ini meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian terdiri dari 33 Orang peserta didik  Kelas XI IPS 1  MAN 3 Kota Padang. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi dan ulangan harian. Data dianalisis dengan menggunakan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dikemukakan, maka dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Drill dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran keterampilan tata busana materi mengenal teknologi menjahit di MAN 3 Kota Padang . Hasil belajar siswa  dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar siswa pada siklus I adalah 56,61(Cukup) meningkat menjadi  85.21 (Baik) dengan peningkatan sebesar 28,61%

Downloads

Published

2023-04-15

How to Cite

Yenni, Y. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Keterampilan Tata Busana Melalui Metode Pembelajaran Drill Pada Siswa Kelas XI IPS 1 MAN 3 Kota Padang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 4369–43764. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14090