Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbaisis TPACK Terhadap Ketrampilan Literasi Sains Dalam Pembelajaran IPA Siswa Tingkat SD Sampai SMA: Sebuah Meta-Analisis
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6931Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model pembelajaran Problem Based Learning berbasis TPACK terhadap ketrampilan literasi sains dalam pembelajaran IPA siswa Tingkat SD sampai SMA. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode meta-analisis. Data penelitian ini bersumber dari analisis artikel nasional yang terindeks SINTA, Google Scholar, DOAJ dan Indek Copernicus Internasional. Jurnal yang dijadikan sampel yakni jurnal nasional yang telah publish tahun 2015-2022 yang berjumlah 21 jurnal. Pencarian sampel untuk dijadikan data penelitian melalui google scholar dan Eric Journal. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik perporsive sampling. Data yang dapatkan dijadikan untuk sampel penelitian memiliki keterkaitan dengan model pembelajaran TPACK dan Problem Based Learning dalam pembelajaran IPA yang dianalisis terhadap pengaruh terhadap literasi sains siswa SMA. Teknik analisis data adalah teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif dengan berbantuan software JSAP dan SPSS versi 16. Hasil penelitian disimpulkan model pemebelajaran problem based learning berbasis TPACK memiliki pengaruh yang signifikan terhdap literasi sains siswa dalam materi IPA SMA dengan rata-rata 70 dengan effect size (ES) sebesar 0.42. Oleh karena itu, model pembelajaran problem based learning berbasis TPACK sangat efektif diterapkan dalam materi IPA.Downloads
Published
2022-09-19
How to Cite
Ichsan, . . I., Suhaimi, S., Amalia, K. N., Santosa, T. A. ., & Yulianti, S. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbaisis TPACK Terhadap Ketrampilan Literasi Sains Dalam Pembelajaran IPA Siswa Tingkat SD Sampai SMA: Sebuah Meta-Analisis. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 2173–2181. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6931
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Ichsan Ichsan, Suhaimi Suhaimi, Khodzijah Nur Amalia, Tomi Apra Santosa, Sisi Yulianti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).