Efektivitas Evaluasi Model CIPP Dalam Pembelajaran IPA di Indonesia : Meta-Analisis
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13435Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas evaluasi model CIPP dalam pembelajaran IPA di Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian meta-analisis. Sumber data dalam penelitian berasal 10 jurnal nasional maupun internasional yang terbit dari tahun 2015-2023. Proses penecarian data melalui google scholar, Eric, Wiley, SINTA, DOAJ dan Scopus. Teknik pengumpulan data adalah observasi langsung melalui database jurnal. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dengan bantuan apalikasi OpenMEE. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa model evaluasi CIPP sangat efektif dalam mengevaluasi proses pembelajaran IPA di Indoenesia. Hal ini dapat dilihat dari nilai effect size sebesar 1,05 dengan kriteria tinggi. Model evaluasi CIPP memberikan hasil yang positif bagi siswa dan guru dalam mencapai tujuan pembelajaran.Downloads
Published
2023-04-02
How to Cite
Ichsan, I., Santosa, T. A. ., Ilwandri, I., sofianora, A. ., & Yastanti, U. . (2023). Efektivitas Evaluasi Model CIPP Dalam Pembelajaran IPA di Indonesia : Meta-Analisis. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 2423–2430. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13435
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Ichsan Ichsan, Tomi Apra Santosa, Ilwandri Ilwandri, Aulia sofianora, Upris Yastanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).