Pengaruh Media Papan Pintar Angka Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Di Ra Ar – Ridho Palembang

Authors

  • Najiha Amalia Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Tutut Handayani Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Izza Fitri Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6333

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh penggunaan media pembelajaran yang ada di RA Ar-Ridho Palembang masih menggunakan papan tulis  jarang menggunakan media pembelajaran yang di buat sendiri oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan Media Papan Pintar Angka Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini di RA Ar-Ridho Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan metode eksperimen, pre-exsperiment design tipe one group pretest postest. Populasi penelitian ini adalah  seluruh anak anak di RA Ar-Ridho Palembang yang berjumlah 121 orang dan sample yang digunakan 12 orang anak dengan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, dokumentasi dan tes. Setelah tes yang dilakukan peneliti mengelolah data dengan menggunakan miscrosof excel. Adapun analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis.Setelah dilakukannya uji analisis diperoleh hasil koefisein kesimpulan bahwa data thitung > ttabel ( 4,022 > 1,717 ), maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya ada Pengaruh Media Papan Pintar Angka Terhadap Kemamouan Kognitif Anak Usia Dini di RA Ar – Ridho Palembang.

Downloads

Published

2022-08-25

How to Cite

Amalia, N. ., Handayani, T. ., & Fitri, I. . (2022). Pengaruh Media Papan Pintar Angka Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Di Ra Ar – Ridho Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 5361–5378. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6333