Pengaruh Media Papan Pintar Angka Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Di Ra Ar – Ridho Palembang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6333Abstract
Penelitian ini di latarbelakangi oleh penggunaan media pembelajaran yang ada di RA Ar-Ridho Palembang masih menggunakan papan tulis jarang menggunakan media pembelajaran yang di buat sendiri oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan Media Papan Pintar Angka Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini di RA Ar-Ridho Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan metode eksperimen, pre-exsperiment design tipe one group pretest postest. Populasi penelitian ini adalah seluruh anak anak di RA Ar-Ridho Palembang yang berjumlah 121 orang dan sample yang digunakan 12 orang anak dengan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, dokumentasi dan tes. Setelah tes yang dilakukan peneliti mengelolah data dengan menggunakan miscrosof excel. Adapun analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis.Setelah dilakukannya uji analisis diperoleh hasil koefisein kesimpulan bahwa data thitung > ttabel ( 4,022 > 1,717 ), maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya ada Pengaruh Media Papan Pintar Angka Terhadap Kemamouan Kognitif Anak Usia Dini di RA Ar – Ridho Palembang.Downloads
Published
2022-08-25
How to Cite
Amalia, N. ., Handayani, T. ., & Fitri, I. . (2022). Pengaruh Media Papan Pintar Angka Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Di Ra Ar – Ridho Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 5361–5378. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6333
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Najiha Amalia, Tutut Handayani, Izza fitri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).