Pengaruh Kegiatan Senam Irama Terhadap Motorik Kasar Pada Anak Didik Kelompok B TK Dharma Kumara di Desa Air Talas

Authors

  • Yunita Rosalia Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Amilda Amilda Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Izza Fitri Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11532

Abstract

Rendahnya kemampuan motorik kasar anak dalam kegiatan senam irama menjadi satu tujuan peneliti mengangkat penelitian yang berjudul “Pengaruh Kegiatan Senam Irama Terhadap Motorik Kasar Pada Anak Didik Kelompok B TK Dharma Kumara di Desa Air Talas”. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah kegiatan senam irama berpengaruh terhadap motorik kasar anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuanitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Metode penelitian eksperimen “Pre-Eksperimental Design” dengan menggunakan desain One Group Pretest-Posttest. Sampel yang digunakan yaitu 13 anak yang terdapat pada kelas B1 di Tk Dharma Kumara Desa Air Talas. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan tes. Teknik analisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Setelah dilakukan tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest), selanjutnya peneliti menganalisis semua hasil penelitian, dari penelitian ini dapat disimpulkan terdapat pengaruh kegiatan senam irama terhadap motorik kasar anak usia dini, diperoleh t-hitung = 16,016 sedangkan t-tabel = 2,160, karena t-hitung > t-tabel (16,016 > 2,160). Maka dapat di tarik kesimpulan H0 ditolak maka Ha diterima, maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan senam irama berpengaruh terhadap motorik kasar anak didik di TK Dharma Kumara Desa Air Talas.

Downloads

Published

2023-01-14

How to Cite

Rosalia, Y. ., Amilda, A., & Fitri, I. . (2023). Pengaruh Kegiatan Senam Irama Terhadap Motorik Kasar Pada Anak Didik Kelompok B TK Dharma Kumara di Desa Air Talas. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 3310–3321. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11532

Most read articles by the same author(s)