Pengaruh Penerapan Media Colour Corrugated Paper (Kokoru) Terhadap Kemampuan Kreativitas Anak Didik Usia Dini Kelompok B Di PAUD BCM Baturaja Timur

Authors

  • Nadia Andini Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Mardeli Mardeli Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Izza Fitri Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12520

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Penerapan Media Colour Corrugated Paper (Kokoru) Terhadap Kemampuan Kreativitas Anak Didik Usia Dini Kelompok B Di PAUD BCM Baturaja Timur”. Adapun yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan kreativitas anak serta untuk mengetahui apakah media colour corrugated paper (kokoru) berpengaruh terhadap kemampuan kreativitas anak usia dini kelompok B di PAUD BCM Baturaja Timur. Jenis penelitian ini adalah Pre-Eksperimental dengan desain One Group Pretest-Posttest. Sampel berjumlah 15 anak yang terdiri dari 6 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, test, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil hipotesis dalam penelitian setelah dilakukan test awal (pretest) dan tes akhir (posttest), selanjutnya peneliti menganalisis semua hasil penelitian dari hasil penelitian yang diperoleh thitung = 3,154 sedangkan ttabel = 1,761 maka thitung > ttabel dapat disimpulkan bahwa tolak Ho dan terima Ha. Dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan antara media colour corrugated paper (kokoru) terhadap kemampuan kreativitas anak didik usia dini di PAUD BCM Baturaja Timur.

Downloads

Published

2023-03-15

How to Cite

Andini, N., Mardeli, M., & Fitri, I. (2023). Pengaruh Penerapan Media Colour Corrugated Paper (Kokoru) Terhadap Kemampuan Kreativitas Anak Didik Usia Dini Kelompok B Di PAUD BCM Baturaja Timur. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 812–822. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12520

Most read articles by the same author(s)