Penerapan Strategi Sq3r (Survey, Question, Read, Recite and Review) Dalam Pembelajaran Ipa Pada Materi Energi Dalam Sistem Kehidupan

Authors

  • Barmawi Barmawi UIN Ar-Raniry Banda Aceh
  • Murni Murni UIN Ar-Raniry Banda Aceh
  • Djumadil Rahman UIN Mahmud Yunus
  • Yuliana Nelisma IAIN Batusangkar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6326

Abstract

Tulisan ini dilatarbelakangi oleh kurangnya motivasi dan semangat siswa dalam belajar IPA, yang berakibat pada menurunnya nilai IPA. Pembelajaran IPA idealnya mengaktifkan dan mendorong siswa untuk bekerja secara ilmiah. Selama ini pembelajaran IPA di SMP Negeri 11 Sijunjung lebih banyak menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Untuk itu dapat dirumuskan bagaimana penerapan Strategi SQ3R (Survey, Question, Read, Recite Dan Review) dalam pembelajaran IPA tentang Energi pada Sistem Kehidupan. Tujuan pembuatan makalah ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan berpikir kritis siswa dengan menerapkan strategi SQ3R (Survey, Question, Read, Recite Dan Review) dalam pembelajaran IPA tentang Energi pada Sistem Kehidupan. Strategi SQ3R merupakan strategi membaca yang dapat membantu dan mendorong siswa untuk lebih memahami apa yang mereka baca. Strategi SQ3R memberikan kemungkinan kepada siswa untuk belajar secara sistematis, efektif, dan efisien dalam menghadapi berbagai bahan ajar. Penerapan strategi SQ3R dalam pembelajaran IPA di kelas VII.1 SMPN 11 Sijunjung dapat meningkatkan minat, motivasi dan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan siswa menjadi pembaca yang aktif dan fokus sehingga dapat memahami isi bacaan tersirat dan tersurat secara efektif, peningkatan kemampuan komunikasi siswa, dan perbedaan nilai rata- rata hasil belajar yang mengalami peningkatan.

Downloads

Published

2022-08-25

How to Cite

Barmawi, B., Murni, M., Rahman, D. ., & Nelisma, Y. (2022). Penerapan Strategi Sq3r (Survey, Question, Read, Recite and Review) Dalam Pembelajaran Ipa Pada Materi Energi Dalam Sistem Kehidupan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 5301–5311. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6326

Most read articles by the same author(s)