Penerapan Strategi Sq3r (Survey, Question, Read, Recite and Review) Dalam Pembelajaran Ipa Pada Materi Energi Dalam Sistem Kehidupan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6326Abstract
Tulisan ini dilatarbelakangi oleh kurangnya motivasi dan semangat siswa dalam belajar IPA, yang berakibat pada menurunnya nilai IPA. Pembelajaran IPA idealnya mengaktifkan dan mendorong siswa untuk bekerja secara ilmiah. Selama ini pembelajaran IPA di SMP Negeri 11 Sijunjung lebih banyak menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Untuk itu dapat dirumuskan bagaimana penerapan Strategi SQ3R (Survey, Question, Read, Recite Dan Review) dalam pembelajaran IPA tentang Energi pada Sistem Kehidupan. Tujuan pembuatan makalah ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan berpikir kritis siswa dengan menerapkan strategi SQ3R (Survey, Question, Read, Recite Dan Review) dalam pembelajaran IPA tentang Energi pada Sistem Kehidupan. Strategi SQ3R merupakan strategi membaca yang dapat membantu dan mendorong siswa untuk lebih memahami apa yang mereka baca. Strategi SQ3R memberikan kemungkinan kepada siswa untuk belajar secara sistematis, efektif, dan efisien dalam menghadapi berbagai bahan ajar. Penerapan strategi SQ3R dalam pembelajaran IPA di kelas VII.1 SMPN 11 Sijunjung dapat meningkatkan minat, motivasi dan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan siswa menjadi pembaca yang aktif dan fokus sehingga dapat memahami isi bacaan tersirat dan tersurat secara efektif, peningkatan kemampuan komunikasi siswa, dan perbedaan nilai rata- rata hasil belajar yang mengalami peningkatan.Downloads
Published
2022-08-25
How to Cite
Barmawi, B., Murni, M., Rahman, D. ., & Nelisma, Y. (2022). Penerapan Strategi Sq3r (Survey, Question, Read, Recite and Review) Dalam Pembelajaran Ipa Pada Materi Energi Dalam Sistem Kehidupan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 5301–5311. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6326
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Barmawi Barmawi, Riswel Asrita, Yulia Roza
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).