Pengaruh Bentuk Latihan Passing Bawah Perorangan Dan Passing Bawah Berpasangan Terhadap Kemampuan Passing Bawah Bola Voli Siswa Kelas V SD Muhammad Alif Sejahtera Bontomanai Kabupaten Takalar

Authors

  • Ashar Ashar Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Yusran Rahmat Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Murni Murni Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.17449

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh bentuk latihan passing bawah perorangan dan berpasangan pada permainan bola voli siswa kelas V SD Muhammad Alif Sejahtera Bontomanai Kabupaten Takalar. Jenis penelitian yang diguanakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen. Desain ini menggunakan dua kali pengukuran terhadap pemahaman siswa tentang materi yang akan dijadikan sampel. Pengukuran pertama pre-test dilakukan untuk mengetahui pemahaman siswa sebelum diberikan perlakuan. Yaitu tingkat pemahaman siswa sebelum diterapkan permainan bola voli. Tes kedua post-test yaitu pemberian test kepada siswa untuk mengetahui pemahaman siswa setelah diterapkan permainan bola voli dalam penelitian ini adalah kelas V SD Muhammad Alif Sejahtera Bontomanai Kabupaten Takalar sebanyak 12 orang siswa. Berdasarkan hasil data statistik dengan uji-t diketahui bahwa terdapatnya peningkatan secara nyata dari perlakuan yang diberikan denga latihan perorangan terhadap kemampuan Passing bawah, dengan demikian terdapat pengaruh metode latihan Passing bawah perorangan terhadap Kemampuan Passing bawah secara signifikan terlihat dari hasil yang diperoleh -18.085 > 5 pada taraf signifikkan, Sedakan terdapatnya peningkatan secara nyata dari perlakuan yang diberikan denga latihan berpasangan terhadap kemampuan Passing bawah, dengan demikian terdapat pengaruh metode latihan Passing bawah berpasangan terhadap Kemampuan Passing bawah secara signifikan terlihat dari hasil yang diperoleh -34.785 > 5 pada taraf signifikan. Kemudian terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara metode latihan Passing bawah perorangan dengan Passing bawah berpasangan dengan -11.413 > 11 pada taraf signifikan. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan Hasil belajar PJOK siswa kelas V SD Muhammad Alif Sejahtera Bontomanai Kabupaten Takalar mengalami pengaruh.

Downloads

Published

2023-08-05

How to Cite

Ashar, . A., Rahmat, Y. ., & Murni, M. (2023). Pengaruh Bentuk Latihan Passing Bawah Perorangan Dan Passing Bawah Berpasangan Terhadap Kemampuan Passing Bawah Bola Voli Siswa Kelas V SD Muhammad Alif Sejahtera Bontomanai Kabupaten Takalar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(4), 217–223. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.17449