Efektifitas Bimbingan Kelompok Teknik Behavior Therapy Terhadap Perilaku Tanggung Jawab Merapikan Alat Bermain Pada Anak Di TK Arruhama Kota Payakumbuh
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5357Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas bimbingan kelompok teknik behavior therapy terhadap tanggungjawab merapikan alat bermain pada anak di TK Arruhama Kota Payakumbuh. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pre-eksperimen dengan bentuk desain The One Group Pre-Test Post-Test. Dalam penelitian ini penulis memberikan treatmet bimbingan kelompok teknik behavior therapy kepada lima belas orang penelitian adalah anak-anak TK Arruhama Kota Payakumbuh yang belum mampu bertanggungjawab dalam merapikan alat bermain sebayank lima kali treatment. Adapun teknik pengambilan sampel adalah menggunakan random sampling. Sementara itu teknik analisis data yang digunakan adalah statistik uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peninggkatan perilaku tanggungjawab dalam merapikan alat bermain pada anak di TK Arruhama Kota Payakumbuh setelah diberikan treatment bimbingan kelompok teknik behavior therapy. Dari hasil analisis data diperoleh skor pre-test sebanyak 300 poin,setelah diberikan treatment jumlah skor meninggkat menjadi 352 poin,dengan selisih peningkatan skor sebanyak 52 poin. Artinya hasil post-test mengalami peningkatan setelah diberikan treatment. Hal ini dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok teknik behavior therapy efektif untuk meningkatkan perilaku tanggungjawab merapikan alat bermain pada anak di TK Arruhama Kota Payakumbuh.Downloads
Published
2022-07-13
How to Cite
Martini, N., Masril, M., Dasril, D., & Nelisma, Y. (2022). Efektifitas Bimbingan Kelompok Teknik Behavior Therapy Terhadap Perilaku Tanggung Jawab Merapikan Alat Bermain Pada Anak Di TK Arruhama Kota Payakumbuh. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 951–960. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5357
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Nora Martini, Masril Masril, Dasril Dasril, Yuliana Nelisma
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).