Manajemen Pesantren Ar-Rofi`Iyyah Dalam Meningkatkan Mutu SDM Santri

Authors

  • Muhammad Hendra Setiawan Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Mamluatun Ni`mah Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Ghufron Ghufron Universitas Islam Zainul Hasan Genggong

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6056

Abstract

Bagi setiap manusiaMutu menjadi ukuran dalam memandang sesuatu, begitupun pendidikan. Pendidikan yang berkualitas baik agar dapat bertahan hidup. Kontinuitas diperlukan dalam pendidikan Evolusi teknologi dan informasi serta peningkatan kualitas sejalan dengan perubahan zaman, Pendidikan yang kompetitif untuk terus berinovasi mengikuti kemajuan zaman teknologi, Dalam hal ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat, termasuk pondok Pesantren (ponpes) sebagai pendidikan Islam. Pembangunan di era ini juga harus dibarengi dengan akhlak yang kuat, termasuk peran pendidikan pesantren. Tujuan pengobservasian ini agar supaya mutu di pondok pesantren bisa berkembang dengan berjalannya zaman. Dalam observasi ini Peneliti memiliki tujuan untuk menjelaskan bagaimana upaya Pondok Pesantren Ar-Rofi`iyyah untuk melakukan hal tersebut. Meningkatkan kualitas pendidikan. Dalam Pengobservasian  ini peneliti menggunakan teknik penelitian kualitatif yaitu penelitian observasi dan Wawancara mendalam dengan kiai, pengarjar, ustad penelitian ini menggunakan analisis deskriptif sebagai alat penelitian Informasi tentang Pesantren Ar-Rofi`iyyah  yang diubah menjadi data dalam format pertanyaan Secara lebih rinci. Hasil kajian Manajemen pesantren Ar-Rofi`iyyah dalam meningkatkan Mutu SDM santri akan memanfaatkan kombinasi tersebut untuk memenuhi keinginan masyarakan untuk memberikan pengetahuan bagi segenap santri.

Downloads

Published

2022-08-14

How to Cite

Setiawan, . . M. H., Ni`mah, M. ., & Ghufron, G. (2022). Manajemen Pesantren Ar-Rofi`Iyyah Dalam Meningkatkan Mutu SDM Santri. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 3758–3762. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6056