Manajemen Pelayanan Perpustakaan Desa Krejengan Kecamatan Krejengan Kabupaten Probolinggo
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5688Abstract
Mengingat pentingnya perpustakaan bukan hanya untuk tempat membaca buku dongeng, ataupun tempat tersimpannya buku-buku tebal akan tetapi dapat mendukung pengembangan potensi diri masyarakat desa tersebut, akan tetapi membutuhkan perpustakaan yang berkembang. Maka fasilitasnya harus terlengkapi sertaa memiliki data-data sumber. informasi oleh masyarakat dalam pencarian infomasi tersebut agar dapat menumbuhkan atau meningkatkan minat baca masyarakat untuk ke perpustakaan. yang sangat dibutuhkan adalah seluruh pihak mulai dari masyarakat, perangkat desa dan kebijakan pemerintah karena suatu peranannya tidak kalah pentingnya. Masyarakaat dan pemerintah. desa dapat berperan penting untuk menumbuhkan kesadaran akan pentingnya suatu perpustakaan dalam lingkungan masyarakat. maksud dari manajemen pelayanan perpustakaan desa serta apa saja standar operasional prosedur pelayanan yang diterapkan di perpustakaan desa dan bagaimana keefektifan pelayanan perpustakaan desa yang memuat tujuan minat dan budaya baca anak desa dan masyarakat, dan juga faktor pendukung dan penghambat, peneliti menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat kualitatif deskriptiif yaitu mencari fakta dengan intreprestasii yang sesuai, menjalani permasalahan yang di alami oleh masyarakat dengan situasi tertentu termasuk sikap-sikapnya, serta proses yang berlangsung dan pengaruhnya dari suatu permasalahan yang ada. dari hasil penelitian ada berbagai hal yang perlu dibenahi karenaa melihat dari pengunjung perpustakaan yaang kurang memanfaatkan fasilitas yang telah disediakan oleh pihak pemerintah dan melihat pentingnya perpustakaan di lingkungan masyarakat desa krejengan tersebut maka dibutuhkan suatu pelayanan yang perlu di kembangkan lagi agar terdapat banyaknya minat baca anak serta masyarakat yang berada di desa krejengan kecamatan krejengan kabupaten propolinggo agar supaya menyadari adanya dampak dari pelayanan perpustakaan desa.Downloads
Published
2022-07-27
How to Cite
Mahmuda, . A. ., Hamid, A. ., & Ghufron, G. (2022). Manajemen Pelayanan Perpustakaan Desa Krejengan Kecamatan Krejengan Kabupaten Probolinggo. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 2056–2063. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5688
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Aimatul Mahmuda, Abdul Hamid, Ghufron
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).