Inovasi Kepala Madrasah Dalam Peningkatan Kinerja Guru di Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Ranuyoso Lumajang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5568Abstract
Penelitian ini dilaksanakan guna mengingat begitu pentingnya kepala madrasah dalam peningkatan kinerja guru, mengelola organisasi atau lembaga yang dipimpinnya. Dengan menciptakan suasana kerja yang profesiaonal dibutuhkan inovasi berupa perubahan ide atau gagasan pemikiran untuk mencapai target masa depan madrasah, serta menjadi lembaga dipimpinnya yang berkualitas. Kepala madrasah dalam mengelola kepemimpinannya diantaranya memberikan pengarahan dan dorongan terhadap bawahannnya agar melaksanakan tugas dan tangggung jawabanya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui inovasi kepala madrasah dalam peningkatan kinerja guru di MTs Nurul Huda dan untuk mengetahui bagaimana kinerja guru setelah melakukan inovasi di MTs Nurul Huda Ranuyoso Lumajang. Metode yang digunakan yaitu kualitatif, penelitian kualitatif adalah penelitian yang memaknai atau menafsirkaan tindakan atau perilaku orang atau subtansi tenaga pendidik di madrasah dengan teknik obsevasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini inovasi kepala madrasah dalam peningkatan kinerja guru kepala madrasah membuat program supervisi terhadap pembinaan guru, rapat kerja tahunan dan melaksanakan ceklist kelengkapan data guru. Kepala madrasah juga menggajak tenaga stuktural dalam proses peningkatan kinerja guru guna dalam mencapai target masa depan madrasah tersebut.Downloads
Published
2022-07-21
How to Cite
Azizah, U. ., Fauzi, A. ., & Ghufron, G. (2022). Inovasi Kepala Madrasah Dalam Peningkatan Kinerja Guru di Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Ranuyoso Lumajang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1539–1544. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5568
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Umi Azizah, Ahmad Fauzi, Ghufron
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).