Upaya Peningkatan Minat Membaca melalui Rumah Baca pada Anak di Desa Stabat Lama
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5723Abstract
Kebiasaan membaca tidak hanya berkaitan dengan proses belajar mengajar, tetapi juga dapat membentuk kepribadian individu melalui hasil membaca. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses Peningkatan minat membaca, lama membaca dan jenis bacaan yang dipilih. Subjek dalam penelitian ini adalah sekelompok anak mulai dari tingkat TK sampai SD di desa Stabat lama. Objek penelitian ini berupa minat membaca permulaan yang meliputi rasa senang, ketertarikan, berinisiatif dan perhatian pada buku cerita, dongeng, komik dan lainnya. Bukan hanya buku cerita saja yang disediakan melainkan peneliti juga menyediakan buku belajar seperti ilmu pengetahuan umum, atlas, dan buku Instrumen. Penelitian ini menggunakan metode observasi dan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat membaca permulaan pada anak tingkat TK dan SD di desa Stabat Lama dapat di tingkatkan dengan menggunakan media buku cerita. Proses pelaksanaan untuk peningkatan minat membaca anak dengan menggunakan media buku cerita yaitu peneliti menunjukkan buku cerita kepada anak-anak yang akan disampaikan pada hari itu sesuai dengan tema, peneliti juga mengajak anak-anak untuk bercakap-cakap dengan memberikan umpan melalui beberapa pertanyaan mengenai buku yang telah dibaca, peneliti juga memperkenalkan kosakata baru yang disertai arti atau pengertiannya, tidak lupa juga peneliti memberikan dorongan dan motivasi berupa ungkapan penyemangat atau pujian kepada anak-anak yang dapat merangsang beberapa pertanyaan mengenai isi buku yang telah dibacakan.Downloads
Published
2022-07-28
How to Cite
Syarqawi, A. ., Fahira, . A. ., Khalid, H. I. ., Kharismaylinda, J. ., & Nurhidayah, N. (2022). Upaya Peningkatan Minat Membaca melalui Rumah Baca pada Anak di Desa Stabat Lama. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 2148–2153. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5723
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Ahmad Syarqawi, Alya Fahira, Helmi Idham Khalid, Joya Kharismaylinda, Nurhidayah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).