Implementasi Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Biologi di Kelas XII MAN 1 Majene
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7946Abstract
Salah satu elemen penting dari kurikulum 2013 adalah standar proses yang berisi mengenai standar minimal proses pembelajaran yang harus dilaksanakan. Salah satu cara untuk mencapai tujuan Pendidikan termuat dalam kurikulum yaitu melalui proses pembelajaran. Gambaran mengenai implementasi dari kurikulum 2013 penting dilakukan untuk melakukan kajian mendalam mengingat pada tahun ajaran 2014/2015 hingga tahun ajaran saat ini yaitu 2022/2023 sebagian besar sekolah masih menerapkan kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas implementasi pembelajaran berbasis kurikulum 2013 di kelas XII MIA MAN 1 Majene. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 1 Majene pada semester ganjil tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menganalisis RPP yang dibuat guru dan mengamati kegiatan belajar mengajar. Sumber data dalam penelitian ini adalah wakil kepala madrasah bagian kurikulum, guru Biologi XII MIA, siswa kelas XII MIA, dokumen rpp dan dokumen kurikulum 2013. Pengambilan data menggunakan pedoman observasi, pedoman wawancara dan dokumentasi. Analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menujukkan bahwa RPP yang dibuat guru telah memuay adanya pendekatan saintifik yang merupakan penekanan dari kurikulum 2013. Pelaksanaan pembelajaran di kelas XII MIA MAN 1 Majene lebih sering mengutamakan metode diskusi dan ceramah sehingga proses belajar lebih bervariasi dan dapat memfasilitasi siswa menerapkan pendekatan saintifik serta mengembangkan karakter siswa.Downloads
Published
2022-10-25
How to Cite
Damayanti, M. ., Nurhidayah, N., & V, N. . (2022). Implementasi Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Biologi di Kelas XII MAN 1 Majene. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 7907–7913. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7946
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Mesra Damayanti, Nurhidayah, Nurul Aeni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).