Analisis Kesulitan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Aritmetika dan Geometri Ditinjau dari Kecerdasan Logis Matematis Siswa Kelas XI IPS MAN 1 Sleman Tahun Ajaran 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5576Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis penyebab kesulitan yang dialami siswa dalam memecahkan masalah pada materi aritmetika dan geometri (2) Mendeskripsikan kesulitan apa sajakah yang dialami oleh siswa dengan kecerdasan logis-matematis tinggi, sedang, dan rendah dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi aritmetika dan geometri. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan metode tes dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 orang siswa kelas XI IPS 1 MAN 1 Sleman yang ditentukan melalui teknik purposive sampling dengan menggunakan instrumen bantu berupa tes kecerdasan logis matematis dan kemampuan komunikasi siswa. Selanjutnya, identifikasi kesulitan siswa berdasarkan penelitian Polya (Siti dan Hana, 2015). Validitas yang digunakan adalah triangulasi metode. Analisis data dalam penelitian ini terdiri dari menelaah seluruh data yang tersedia dari berbagai sumber, reduksi data, menyusun data, mengadakan pemeriksaan, keabsahan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan kesulitan pada siswa kategori kecerdasan logis matematis siswa. Jenis dan penyebab kesulitan siswa sebagai berikut : (1) Jenis kesulitan siswa dengan kecerdasan logis matematis tinggi adalah siswa mengalami kesulitan dalam melaksanakan rencana pemecahan masalah yang tepat. Kesulitan yang dialami siswa berupa ketidakmampuan siswa melakukan operasi deret aritmatika dengan benar sehingga tidak tepat dalam menentukan jawaban akhir (2) Jenis kesulitan siswa dengan kecerdasan logis matematis sedang adalah siswa mengalami kesulitan dalam membuat rencana pemecahan masalah dan melaksanakan rencana pemecahan masalah. Kesulitan yang dialami siswa dengan kecerdasan logis matematis sedang dalam membuat rencana pemecahan masalah berupa ketidakmampuan siswa dalam memilih rumus dan rencana penyelesaian yang benar. (3) Jenis kesulitan siswa dengan kecerdasan logis matematis rendah adalah siswa mengalami kesulitan dalam memahami masalah, kesulitan dalam membuat rencana pemecahan masalah, kesulitan dalam melaksanakan pemecahan masalah dan kesulitan dalam memeriksa kembali jawaban yang dihasilkan.Downloads
Published
2022-07-24
How to Cite
Cahya Inayati, Nuryadi, N., & Marhaeni, N. H. . (2022). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Aritmetika dan Geometri Ditinjau dari Kecerdasan Logis Matematis Siswa Kelas XI IPS MAN 1 Sleman Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1891–1898. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5576
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Cahya Inayati, Nuryadi Nuryadi, Nafida Hetty Marhaeni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).