Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Padlet Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SMP N 3 Kembang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5225Abstract
Perlunya memanfaatkan media pembelajaran yang menarik seiring berkembangnya teknologi dan informasi hal tersebut memberikan pengaruh bagi hasil prestasi belajar bagi siswa. Salah satu media pembelajaran tersebut adalah Padlet. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran Padlet untuk meningkatkan prestasi belajar siswa SMP Negeri 3 Kembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan metode eksperimen kuasi dan desain penelitian yang digunakan adalah non equivalent control group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kembang. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII D yaitu sebagai kelas eksperimen dan VIII F yaitu sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, soal pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan media pembelajaran Padlet lebih efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini didukung dengan hasil analisis data dimana berdasarkan uji independent sample t-test menunjukkan signifikansi 2-tailed kurang dari taraf signifikansi (0,038 < 0,050), yang berarti penggunan media Padlet lebih efektif daripada penggunaan media WhatsApp Group. Oleh karena itu, prestasi belajar siswa dapat meningkat dengan penggunaan media pembelajaran Padlet.Downloads
Published
2022-07-05
How to Cite
Pratama, . N. A. ., & Nuryadi, N. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Padlet Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SMP N 3 Kembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 320–325. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5225
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Nabilla Afrasalma Pratama, Nuryadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).