Pengembangan E-modul pembelajaran IPA Pada Materi Bumiku dan Menjelajah Angkasa Luar Siswa Kelas VI Sekolah Dasar

Authors

  • Ochtarina Pratiwi Universitas PGRI Palembang
  • Erfan Ramadhani Universitas PGRI Palembang
  • Arief Kuswidyanarko Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5482

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan suatu produk media pembelajaran berupa sebuah bahan ajar e-modul pembelajaran IPA materi Bumiku dan Menjelajah Angkasa Luar siswa kelas VI Sekolah Dasar yang dapat digunakan untuk membantu guru dalam proses pembelajaran. E-Modul yang dikembangkan ini berisikan materi, teks, gambar, animasi dan video pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam memahami pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 138 Palembang Kelas VI A. Model pembelajaran menggunakan model Rowntree yang terdiri dari tiga tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pengembangan dan tahap evaluasi. Tahap evaluasi,   peneliti menggunakan tahap evaluasi Tesmeer yang terdiri dari selft evaluation, expert review, one to one dan small group. Teknik pengumpulan data menggunakan walktrough, angket dan dokumentasi. Hasil kevalidan yang dinilai dari ahli materi, ahli bahasa dan ahli media dapat diperoleh hasil  91% dengan kategori sangat valid. Hasil kepraktisan e-modul dilihat dari angket lembar tanggapan siswa. Pada tahap one to one didapatkan hasil kepraktisan 91% dengan kategori sangat praktis. Pada tahap small group didapatkan hasil kepraktisan 89% dengan kategori sangat praktis.

Downloads

Published

2022-07-20

How to Cite

Pratiwi, O., Ramadhani, E. ., & Kuswidyanarko, A. . (2022). Pengembangan E-modul pembelajaran IPA Pada Materi Bumiku dan Menjelajah Angkasa Luar Siswa Kelas VI Sekolah Dasar : . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1397–1403. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5482

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2