Hubungan Strategi Pengelolaan Kelas dengan Hasil Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12937Abstract
Dilatar belakang telah diketahui bahwa suasana kelas yang ribut dapat membuat keadaan belajar menjadi tidak kondusif, siswa terlihat kurang memahami materi dikarenakan kurangnya fasilitas buku untuk siswa dan keadaan lingkungan sekolah yang berada ditengah-tengah masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Tegalrejo yang berjumlah 20 orang, sedangkan sampel pada penelitian ini sama dengan populasi adalah 20 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah t-test satu sampel untuk variabel X dan variabel Y, untuk mencari korelasi antara variabel X dan variabel Y menggunakan rumus korelasi product moment kasar. Hasil dari penelitian ini adalah: variabel X (pengelolaan kelas) dan variabel Y (hasil belajar) mempunyai korelasi yang cukup dengan melihat angka yang didapatkan adalah : 0,586. Apabila hitungan tersebut diinterpretasikan angkanya dengan membandingkan hasil perhitungan dengan angka indeks korelasi “r” product moment, ternyata (0,586) besarnya berada pada 0,40-0,70 yaitu berarti hubungan antara variabel X (pengelolaan kelas) dan variabel Y (hasil belajar) termasuk hubungan positif cukup. Maka dari itu disimpulkan bahwa pengelolaan kelas dapat mempengaruhi secara positif terhadap hasil belajar siswa.Downloads
Published
2023-03-15
How to Cite
Sari, D. I. ., Sari, D. I. ., Oktavia, M. ., & Kuswidyanarko, A. . (2023). Hubungan Strategi Pengelolaan Kelas dengan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 758–774. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12937
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Dhita Indah Sari, Maharani Oktavia, Arief Kuswidyanarko
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).