Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Antara Siswa yang Mendapat Pembelajaran Discovery Learning dan Pembelajaran Inkuiri Di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5424Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang mendapat pembelajaran discovery learning dan pembelajaran inkuiri siswa dikelas V pada Materi Bangun Ruang di SDN 91 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode discovery learning dengan desain postest only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SD Negeri 91 Palembang berjumlah 72 orang, sedangkan sampel penelitian adalah siswa kelas V.A dan V.B dengan jumlah masing-masing sebanyak 24 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes sebagai instrument primer, sedangkan teknik analisis data dengan menggunakan independent sampel T-test. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang mendapat pembelajaran Discovery learning dan pembelajaran Inkuiri siswa kelas V pada materi Bangun Ruang di SDN 91 Palembang.Downloads
Published
2022-07-17
How to Cite
Agustin, A. ., Kesumawati, N. ., & Dirgantara, M. R. D. . (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Antara Siswa yang Mendapat Pembelajaran Discovery Learning dan Pembelajaran Inkuiri Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1225–1231. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5424
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Asri Agustin, Nila Kesumawati, Marvinda Rizki Dita Dirgantara
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).