Pengembangan E-book Berbasis PMRI Materi Perkalian Bilangan Bulat Kelas V SD

Authors

  • Meisy Fransiska Universitas PGRI Palembang, Palembang, Sumatera Selatan
  • Nila Kesumawati Universitas PGRI Palembang, Palembang, Sumatera Selatan
  • Nora Nurmilasari Universitas PGRI Palembang, Palembang, Sumatera Selatan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.2800

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-book matematika berbasis PMRI dimana siswa dapat menghubungkan pembelajaran dengan hal-hal yang nyata. Dengan menggunakan e-book diharapkan siswa dapat memahami materi dengan mudah dan dapat memotivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan e-book berbasis PMRI materi perkalian bilangan bulat yang valid untuk siswa kelas V SD. (2) Menghasilkan e-book berbasis PMRI materi praktikum perkalian bilangan bulat untuk siswa kelas V SD. (3) Mengetahui potensi pengaruh pengembangan e-book berbasis PMRI pada materi perkalian bilangan bulat siswa kelas V SD yang telah dikembangkan terhadap hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi). Subyek penelitian ini adalah siswa SD Negeri 1 Toman. Data penelitian ini diperoleh dengan wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini berdasarkan validasi angket ahli materi dan ahli media termasuk dalam kategori sangat valid dengan kriteria 3,8. dan persentase rata-ratanya adalah 91,66%. Kuesioner kepraktisan termasuk dalam kategori praktis dengan persentase rata-rata 92,90%. Dan rata-rata hasil potensi pengaruh yang diperoleh dari hasil tes siswa sebesar 82,10%. Berdasarkan hasil yang telah dikembangkan oleh peneliti yang berjudul Pengembangan e-book berbasis PMRI pada materi perkalian bilangan bulat untuk siswa kelas V SD, disimpulkan bahwa e-book yang telah dikembangkan layak untuk digunakan dalam pembelajaran.Kata kunci: e-book, perkalian, PMRI

References

Akbar, S. (2016). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Angriani, A. D., Kusumayanti, A., & Dkk. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Book Pada Materi Aljabar. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, Vol. 9, 17.

Anwar, A. (2010). Pendekatan Matematika Realistik; cara efektif meningkatkan peman logika matematika siswa”. Makalah SepNas FKIP UNSYIAH, Banda aceh.

Efuansyah & Reni Wahyuni. (2018).pengembangan bahan ajar matematika berbasis PMRI pada materi kubus dan balok kelas VII. Jurnal Derivat,volume5, (2).

Fitri, N. A., & Karmila. (2018), Pengembangan Media Pop-Up Book Kubus dan Balok untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5 (4).

Hadi, s. (2005). Pendidkan matematika reaslitik. Banjarmasin :Tulip.

Latifah, S., Abdul, B., & Eka, S. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)Berorientasi Nilai-nilai Agama Islam Melalui Pendekatan Inkuiri Terbimbing Pada Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al=Biruni.

Kamaarullah. (2017). Pendidikan matematika sekolah kita. Jurnal pendidika dan pembelajaran matematika, volume 1 (2)

Marlina &Nilla Kesumawati. (2013).Pengembangan bahan ajar interaktif berbasis komputer pokok bahansan lingkatan untuk kelas VIII sekolah menengah pertama. Jurnal pendidikan matematik,volume 7,(2).

Restiyowati, Illa dan I Gusti Made Sanjaya. (2012.) Pengembangan E-Book Interaktif Pada Materi Kimia Semester genap Kelas I SMA. Unesa Journal of Chemical Education, 1(1) : 130-135.

Rijal Taufik, dkk. (2016). Pengembangan bahan ajar digital berlandasankan model guided project based learning. Jurnal matematika.

Riwu , I. U., & Laksana, D. L. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Bermuatan Multimedia Pada Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas Iv Di Kabupaten Ngada. Jounal Of Education Technology, 56-57.

Rohmah, A. S. (2017). Pengembangan buku ajar berbasis PMRI (pendidikan matematika realistik indonesia) materi satuan waktu kelas II SDNU Bahrul Ulum Malang. Skripsi Uin maulana malik Ibrahim malang

Siddiq, D, dkk. (2008). Pengembangan bahan ajar. Jakarta : Depdiknas suparman

Siregar, E., & Nara, H. (2015). Teori Belajar dan pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan (Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan . Bandung: Alfabeta.

Sugiman dan Ambar. (2013) Pengaruh pendekatan PMRI terhadap akifitas dan pemahaman konsep matematika siswa SMP,Jurnal pendidikan matematika voleme 8 no 1.

Supinah. (2008). Pembelajaran matematika SD dengan pendeketan kontekstual dalam melaksanakan KTSP.Yogyakarta : pusat pengembangan dan pemberdayaan pendidikan dan tenaga kependidikan matematika.

Suprapto, E., Apriadi, D., & Pamungkas, I. P. (2019). Pengembangan E-book Interaktif berbasis Animasi Bagi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Ilmiah

Soetopo, S. (2011). Bahan Ajar Strategi Pembelajaran. Palembang: Universitas PGRI

Downloads

Published

2021-11-06