Pembelajaran Matematika Berdasarkan Pendekatan PMRI Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Disposisi Matematis Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Mala Fitri UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG
  • Nila Kesumawati Universitas PGRI Palembang
  • Marvinda Rizki Dita Dirgantara Universitas PGRIPalembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5575

Abstract

Penggunaan pendekatan pembelajaran yang tepat akan mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap kemampuan berpikir kritis dan disposisi matematis siswa analisis data dilakukan dengan statistik MANOVA (Multivariate Analisis of Varians). Hasil penelitian menyimpulkan : (1) Terdapat pengaruh signifikan pendekatan pendidikan matematika realistik Indonesia terhadap kemampuan berpikir kritis dan disposisi matematis siswa secara univariat dan secara simultan. (2) Terdapat korelasi yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis dan disposisi matematis siswa. Penggunaan pendekatan pembelajaran  lebih efektif dalam membangun kemampuan berpikir kritis dan disposisi matematis, penggunaan pendekatan pembelajaran berupa pendekatan PMRI lebih efektif daripada pendekatan konvensional.

Downloads

Published

2022-07-21

How to Cite

Fitri, M. ., Kesumawati, N., & Dirgantara, M. R. D. . (2022). Pembelajaran Matematika Berdasarkan Pendekatan PMRI Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Disposisi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1630–1636. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5575