Pengaruh Konseling Kelompok Teknik Asertif Dalam Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas X di SMA 1 Dua Koto
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11338Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah bagaimana cara meningkatkan komunikasi interpersonal siswa kelas X di SMA 1 DUA KOTO melalui konseling kelompok teknik asertif. Layanan konseling dan konseling memiliki peran penting untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal. Teknik asertif bertujuan untuk meningkatkan komunikasi interpersonal dan menumbuhkan keberanian mengungkapkan perasaan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok teknik aserif dalam meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal siswa kelas X di SMA 1 DUA KOTO. Jenis penelitian ini adalah metode kuantitatif yang bersifat eksperimen. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah melalui penyebaran angket. Populasi dalam dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA 1 DUA KOTO dengan sampel 10 orang siswa yang mengikuti konseling kelompok dari populasi kelas X IPS yang terdiri dari 36 orang siswa. Dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara skor komunikasi interpersonal siswa sebelum dan sesudah pemberian layanan konseling kelompok teknik asertif. didapatkan nilai sig. yaitu 0.000 < 0.05, yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, pemberian layanan konseling kelompok teknik asertif bagi siswa kelas X SMA 1 DUA KOTO berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan komunikasi interpersonal siswa. Hal ini tentu pemberian layanan konseling kelompok teknik asertif bagi siswa kelas X SMA 1 DUA KOTO berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan komunikasi interpersonal siswa.Downloads
Published
2023-01-10
How to Cite
Zulhadi, R. ., Marwinda, M., & Masril, M. (2023). Pengaruh Konseling Kelompok Teknik Asertif Dalam Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas X di SMA 1 Dua Koto . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 2386–2392. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11338
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Roiz Zulhadi, Marwinda, Masril
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).