Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Pada Materi SPLDV

Authors

  • Silmy Mufidatis Sholeha Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Kustiana Arisanti Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Loviga Denny Pratama Universitas Islam Zainul Hasan Genggong

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5210

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal open ended menggunakan materi SPLDV (Sistem Persamaan Linear Dua Variabel). Penelitian ini dilakukan padasiswa kelas VIIIE SMPN 1 Pajarakan bertepatan di  Kabupaten Probolinggo dengan jumlah siswa 32, dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pada menganalisis data ini peneliti menggunakan tes berupa soal uraian dengan menggunakan materi SPLDV (Sistem Persamaan Linear Duan Variabel) serta wawancara. Data yang dihasilkan dianalisis serta di reduksi dengan menggunakan penelitian kualitatif yaitu menggunakan indikator-indikator kemampuan proses matematis pada siswa. Dalam teknis analisis data terdapat tiga jenis, yaitu reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Pada penelitian ini, siswa dengan kemampuan tinggi siswa mempunyai kemampuan literasi yang baik, yaitu siswa bisa memenuhi ketiga aspek dalam proses matematis, yaitu proses merumuskan (formulate), menggunakan (employ), menafsirkan (interprete). Siswa yang memenuhi kedua aspek dalam proses matematis dengan kemampuan sedang hanya bisa memenuhi dua indikator pada aspek proses matematis, yaitu merumuskan (formulate) dan menggunakan (imploy). Sedangkan siswa yang memiliki kemampuan rendah hanya bisa dalam satu aspek saja yaitu merumuskan (formulate). Bagi peneliti lain yaitu supaya bisa meneliti faktor-faktor yang mempengarusi siswa yang memiliki kemampuan rendah pada kemampuan literasi matematis siswa pada siswa SMP/sederajat.

Downloads

Published

2022-07-05

How to Cite

Sholeha, S. M. ., Arisanti, K. ., & Pratama, L. D. . (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Pada Materi SPLDV. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 244–253. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5210

Most read articles by the same author(s)