Nilai Nilai Kepemimpinan Propetik Peserta Didik Pada Pembelajaran New Normal (Studi Kasus Pada Peserta Didik Di Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama Dalam Mata Pelajaran Akidah Akhlak)
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6687Abstract
Dalam pandangan agama Islam, kepemimpinan bukan merupakan suatu bentuk legitimasi jabatan semata yang diberikan oleh orang lain kepada orang yang dipercaya .Namun lebih dari itu,agama Islam memandang bahwa kepemimpinan merupakan salah satu bentuk fitrah yang Allah SWT berikan kepada manusia selaku hamba-Nya untuk mampu memimpin diri sendiri, orang lain, bahkan alam semesta.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan nilai-nilai kepemimpinan propetik pada diri peserta didik yang di analisis melalui tipologi kepemimpinan propetik Nabi Muhammad SAW yang meliputi aspek shiddiq, amanah,tabligh,dan fathanah.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah metode penelitian kualitatif yang berjenis instrumental case study yang di dekati dengan menggunakan teknik wawancara serta observasi.Berdasarkan hasil pengamatan yang telah di lakukan, pelaksanaan nilai-nilai kepemimpinan propetik pada peserta didik MA Nahdlatul Ulama secara keseluruhan sudah mengarah kepada tipologi kepemimpinan propetik Nabi Muhammad SAW.Nilai kepemimpinan propetik yang tampak pada diri peserta didik selama masa pembelajaran new normal dapat di lihat melalui nilai jujur, nilai responsible, dan nilai integritas menjadi kunci aspek shiddiq.Nilai tanggung jawab, nilai disiplin,serta nilai visioner, untuk aspek amanah.Nilai relationship,nilai keberanian,serta nilai terbuka (openminded) menjadi kunci aspek tabligh.Adapun nilai kecerdasan emosi,nilai kecerdasan intelektual,serta nilai kecerdasan spiritual menjadi kunci aspek fathanah yang ada pada diri peserta didik selama melaksanakan pembelajaran akidah.Downloads
Published
2022-09-09
How to Cite
Toha, . . M. ., Arisanti , K. ., & Khumaidi , . A. (2022). Nilai Nilai Kepemimpinan Propetik Peserta Didik Pada Pembelajaran New Normal (Studi Kasus Pada Peserta Didik Di Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama Dalam Mata Pelajaran Akidah Akhlak). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 775–782. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6687
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Muhammad Toha, Kustiana Arisanti, Ahmad Khumaidi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).