Potret Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Umum : Problematika Yang Terjadi Serta Solusinya
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4884Abstract
Pendidikan agama Islam pada hakikatnya adalah upaya transfer nilai-nilai agama, pengetahuan dan budaya yang dilangsungkan secara berkesinambungan sehingga nilai-nilai itu dapat menjadi sumber motivasi dan aspirasi serta tolok ukur dalam perbuatan dan sikap maupun pola berpikir. Sementara tekad bangsa Indonesia yang selalu ingin kembali kepada Pancasila dan UUD 1945 secara murni dan konsekuen sangat kuat. Berdasarkan tekad itu pulalah maka kehidupan beragama dan pendidikan agama khususnya semakin mendapat tempat yang kuat dalam organisasi dan struktur pemerintahan. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur. Hal yang mendasari penulis menggunakan metode ini adalah dari sekian banyak jurnal terkait problematika PAI di sekolah umum, namun jurnal tersebut belum sampai menganalisis pada akar permasalahannya seperti permasalahan mengenai minimnya jam pelajaran pendidikan agama islam di sekolah umum. Sehingga solusi yang ditawarkannyapun juga belum dapat menyelesaikan problematika yang ada, hasil dari penelitian ini menghasilkan solusi atau Cara yang bisa ditempuh guru dalam menambah pembelajaran pendidikan agama Islam adalah melalui pembelajaran ekstra kurikuler dan tidak hanya pembelajaran formal di sekolah. Pembelajaran ekstra kurikuler dapat dilaksanakan di sekolah, di kelas atau di mushala. Bisa pula di rumah atau tempat yang disetujui. Waktu belajarnya tentu di luar jam pelajaran formal. Cara ini memang membutuhkan tambahan fasilitas, waktu, dan tenaga guru, bahkan mungkin biaya, tapi itulah tantangan guru yang tidak hanya mengajar; tetapi memiliki semangat dakwah untuk menyebarkan ilmu agama di mana pun dan kapan pun. Untuk itu diperlukan koordinasi dan kerja sama yang baik antara guru dengan orang tua siswa.Downloads
Published
2022-06-24
How to Cite
Ma’ma Mumajad, Khilmiyah, F. ., Shafrizal, A. ., & Azizi, M. K. (2022). Potret Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Umum : Problematika Yang Terjadi Serta Solusinya. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 1444–1452. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4884
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Ma'ma Mumajad, Farida Khilmiyah, Alfan Shafrizal, Moh. Khasan Azizi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).