Potret Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Umum : Problematika Yang Terjadi Serta Solusinya

Authors

  • Ma'ma Mumajad Institut Agama Islam Negeri Kediri
  • Farida Khilmiyah Institut Agama Islam Negeri Kediri
  • Alfan Shafrizal Institut Agama Islam Negeri Kediri
  • Moh. Khasan Azizi Institut Agama Islam Negeri Kediri

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4884

Abstract

Pendidikan agama Islam pada hakikatnya adalah upaya transfer nilai-nilai agama, pengetahuan dan budaya yang dilangsungkan secara berkesinambungan sehingga nilai-nilai itu dapat menjadi sumber motivasi dan aspirasi serta tolok ukur dalam perbuatan dan sikap maupun pola berpikir. Sementara tekad bangsa Indonesia yang selalu ingin kembali kepada Pancasila dan UUD 1945 secara murni dan konsekuen sangat kuat. Berdasarkan tekad itu pulalah maka kehidupan beragama dan pendidikan agama khususnya semakin mendapat tempat yang kuat dalam organisasi dan struktur pemerintahan. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur. Hal yang mendasari penulis menggunakan metode ini adalah dari sekian banyak jurnal terkait problematika PAI di sekolah umum, namun jurnal tersebut belum sampai menganalisis pada akar permasalahannya seperti permasalahan mengenai minimnya jam pelajaran pendidikan agama islam di sekolah umum. Sehingga solusi yang ditawarkannyapun juga belum dapat menyelesaikan problematika yang ada, hasil dari penelitian ini menghasilkan solusi atau Cara yang bisa ditempuh guru dalam menambah pembelajaran pendidikan agama Islam adalah melalui pembelajaran ekstra kurikuler dan tidak hanya pembelajaran formal di sekolah. Pembelajaran ekstra kurikuler dapat dilaksanakan di sekolah, di kelas atau di mushala. Bisa pula di rumah atau tempat yang disetujui. Waktu belajarnya tentu di luar jam pelajaran formal. Cara ini memang membutuhkan tambahan fasilitas, waktu, dan tenaga guru, bahkan mungkin biaya, tapi itulah tantangan guru yang tidak hanya mengajar; tetapi memiliki semangat dakwah untuk menyebarkan ilmu agama di mana pun dan kapan pun. Untuk itu diperlukan koordinasi dan kerja sama yang baik antara guru dengan orang tua siswa.

Author Biography

Alfan Shafrizal, Institut Agama Islam Negeri Kediri

 

Downloads

Published

2022-06-24

How to Cite

Ma’ma Mumajad, Khilmiyah, F. ., Shafrizal, A. ., & Azizi, M. K. (2022). Potret Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Umum : Problematika Yang Terjadi Serta Solusinya. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 1444–1452. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4884