Implementasi Teknik Ice Breaking Pada Pembelajaran Di Sd 64/I Muara Bulian
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4370Abstract
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi teknik ice breaking pada pembelajaran di sekolah dasar. Penelitian ini dilaksanakan pada semester gasal di SDN 64/I Muara Bulianmulai pada bulan November 2021. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologis. Sumber data diambil dari guru kelas III B. Penelitian ini menggunakan teknik pengunpulan data observasi, wawancara, studi dokumen, perekaman audio/video, dan kartu catatan lapangan (field note). Penelitian ini menggunakan teknik analisis data dengan menggunakan model yang dikemukakan oleh Spradley, yaitu; analisis domain, analisis taksonomi, dan analisis komponensial.Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa guru mengimplementasikan ice breaking dilakukan untuk mengoptimalkan kembali situasi belajar yang pada awalnya pembelajaran terlihat tidak kondusif karena siswa yang mulai mengantuk, jenuh, bosan, tidak fokus dan konsentrasi pada penjelasan guru sehingga guru melakukan kegiatan pendinginan untuk mengembalikan perhatian siswa kepada guru, biasanya guru mengimplementasikan teknik ice breaking pada saat memulai pelajaran, saat guru sedang menyampaikan materi, dan di akhir pelajaran. Dalam mengimplementasikan ice breaking guru dapat melakukannya tanpa alat atau hanya memanfaatkan anggota tubuh saja, serta dapat dilakukan dengan menggunakan alat/media disekitar, hal tersebut dilakukan agar siswa dapat bergerak aktif, sehingga siswa dapat menghilangkan rasa ngantuk, bosan, dan jenuhnya, saat guru menyampaikan materi kembali.Downloads
Published
2022-05-23
How to Cite
Noviyanti, S. ., Puspita Sari, D. E. ., & Tanti, R. . (2022). Implementasi Teknik Ice Breaking Pada Pembelajaran Di Sd 64/I Muara Bulian. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 501–510. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4370
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Silvina Novianti, Diah Eka Puspita Sari, Riska Tanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).