Implementasi Teknik Ice Breaking Pada Pembelajaran Di Sd 64/I Muara Bulian

Authors

  • Silvina Noviyanti Universitas Jambi
  • Diah Eka Puspita Sari Universitas Jambi
  • Riska Tanti Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4370

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi teknik ice breaking pada pembelajaran di sekolah dasar. Penelitian ini dilaksanakan pada semester gasal di SDN 64/I Muara Bulianmulai pada bulan November 2021. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologis. Sumber data diambil dari guru kelas III B. Penelitian ini menggunakan teknik pengunpulan data observasi, wawancara, studi dokumen, perekaman audio/video, dan kartu catatan lapangan (field note). Penelitian ini menggunakan teknik analisis data dengan menggunakan model yang dikemukakan oleh Spradley, yaitu; analisis domain, analisis taksonomi, dan analisis komponensial.Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa guru mengimplementasikan ice breaking dilakukan untuk mengoptimalkan kembali situasi belajar yang pada awalnya pembelajaran terlihat tidak kondusif karena siswa yang mulai mengantuk, jenuh, bosan, tidak fokus dan konsentrasi pada penjelasan guru sehingga guru melakukan kegiatan pendinginan untuk mengembalikan perhatian siswa kepada guru, biasanya guru mengimplementasikan teknik ice breaking pada saat memulai pelajaran, saat guru sedang menyampaikan materi, dan di akhir pelajaran. Dalam mengimplementasikan ice breaking guru dapat melakukannya tanpa alat atau hanya memanfaatkan anggota tubuh saja, serta dapat dilakukan dengan menggunakan alat/media disekitar, hal tersebut dilakukan agar siswa dapat bergerak aktif, sehingga siswa dapat menghilangkan rasa ngantuk, bosan, dan jenuhnya, saat guru menyampaikan materi kembali. 

Downloads

Published

2022-05-23

How to Cite

Noviyanti, S. ., Puspita Sari, D. E. ., & Tanti, R. . (2022). Implementasi Teknik Ice Breaking Pada Pembelajaran Di Sd 64/I Muara Bulian. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 501–510. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4370

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5