Metode Pembelajaran Mind Mapping dalam Mengatasi Problematika Pembelajaran Matematika Di Sekolah

Authors

  • Isra Sucianti Universitas Jambi
  • Silvina Noviyanti Universitas Jambi
  • Muhammad Sholeh Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4350

Abstract

Artikel ini mengangkat topik mengenai metode pembelajaran mind mapping dalam mengatasi problematika pembelajaran matematika di sekolah. Adapun latarbelakang perlu diangkatnya topik ini bahwa hasil belajar siswa yang merupakan faktor utama dalam kesuksesan kegiatan pembelajaran di sekolah khususnya pada pembelajaran matematika. Namun, kenyataan yang terjadi di lapangan banyak siswa yang memperoleh hasil belajar yang kurang baik. Hal ini disebabkan oleh kurangnya pemahaman siswa terhadap konsep-konsep yang dipelajari di sekolah sehingga siswa cepat lupa dengan apa yang telah mereka pelajari. Hal ini juga di tegaskan oleh Hudojo “bahwa siswa akan mudah mempelajari matematika, apabila siswa telah mengetahui konsep dalam matematika dengan baik. Adapun metode yang digunakan dalam penyusunan artikel ini adalah metode studi literatur dengan mencari referensi teori yang relefan dengan kasus atau permasalahan yang ditemukan dari berbagai buku atau jurnal penelitian yang akan dianalisis untuk penarikan kesimpulan dalam bentuk deskrpitif. Adapun kesimpulan dari berbagai penelitian bahwa metode pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa, meningkatkan motivasi belajar siswa, meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa, meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa serta meningkatkan kemampuan pemecahan masalah sehingga metode mind mapping efektif dalam mengatasi problematika pembelajaran matematika di sekolah.

Downloads

Published

2022-05-21

How to Cite

Sucianti, I., Noviyanti, S. ., & Sholeh, M. . (2022). Metode Pembelajaran Mind Mapping dalam Mengatasi Problematika Pembelajaran Matematika Di Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 464–470. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4350