Metode Pembelajaran Mind Mapping dalam Mengatasi Problematika Pembelajaran Matematika Di Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4350Abstract
Artikel ini mengangkat topik mengenai metode pembelajaran mind mapping dalam mengatasi problematika pembelajaran matematika di sekolah. Adapun latarbelakang perlu diangkatnya topik ini bahwa hasil belajar siswa yang merupakan faktor utama dalam kesuksesan kegiatan pembelajaran di sekolah khususnya pada pembelajaran matematika. Namun, kenyataan yang terjadi di lapangan banyak siswa yang memperoleh hasil belajar yang kurang baik. Hal ini disebabkan oleh kurangnya pemahaman siswa terhadap konsep-konsep yang dipelajari di sekolah sehingga siswa cepat lupa dengan apa yang telah mereka pelajari. Hal ini juga di tegaskan oleh Hudojo “bahwa siswa akan mudah mempelajari matematika, apabila siswa telah mengetahui konsep dalam matematika dengan baik. Adapun metode yang digunakan dalam penyusunan artikel ini adalah metode studi literatur dengan mencari referensi teori yang relefan dengan kasus atau permasalahan yang ditemukan dari berbagai buku atau jurnal penelitian yang akan dianalisis untuk penarikan kesimpulan dalam bentuk deskrpitif. Adapun kesimpulan dari berbagai penelitian bahwa metode pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa, meningkatkan motivasi belajar siswa, meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa, meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa serta meningkatkan kemampuan pemecahan masalah sehingga metode mind mapping efektif dalam mengatasi problematika pembelajaran matematika di sekolah.Downloads
Published
2022-05-21
How to Cite
Sucianti, I., Noviyanti, S. ., & Sholeh, M. . (2022). Metode Pembelajaran Mind Mapping dalam Mengatasi Problematika Pembelajaran Matematika Di Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 464–470. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4350
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Isra Sucianti, Silvina Noviyanti, Muhammad Sholeh
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).