Problematika Guru Dalam Proses Pembelajaran Tematik Selama Masa Pandemi Covid-19 di SDN 64/I Muara Bulian
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4327Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan problematika yang dialami guru kelas V SDN 64/1 Muara Bulian Tahun Pelajaran 2021/2022 dalam pembelajaran tematik selama masa pandemi covid-19. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 64/1 Muara Bulian pada desember 2021. Data penelitian didapat dengan cara observasi dan wawancara dengan guru kelas V. Setelah data dikumpulkan, penyajian data, dan verifikasi (penarikan kesimpulan). Hasilnya menunjukan guru mengalami problematika dalam pembelajaran tematik selama masa pandemi. Problematika ditemukan dalam tahapan-tahapan melaksanaan pembelajaran tematik, yaitu 1) perencanaan, yaitu (a) kesulitan membuat RPP dan metode, 2) pelaksanaan, yaitu (a) terbatasnya komunikasi, (b) terbatasnya fasilitas, (c) terbatas teknologi aplikasi pembelajaran, 3) evaluasi, yaitu (a) kesulitan menilai sikap, (b) siswa terlambat dan tidak mengumpulkan tugas, (c) tugas yang dikumpulkan tidak jelas. Problematika pembelajaran tatap muka: 1) perencanaan, yaitu (a) kesulitan menentukan RPP, metode dan media pembelajaran, 2) pelaksanaan, yaitu (a) siswa yang cuek dan tidak fokus, (b) metode pembelajaran terbatas, 3) evaluasi, yaitu (a) masih ada siswa yang terlambat mengumpulkan tugas. Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru dapat mempersiapkan pelaksanaan pembelajaran dalam keadaan darurat seperti pandemi covid-19, diharapkan guru dapat memperhatikan problematika selama kegiatan pembelajaran, dan guru dapat lebih meningkatkan kreatifitas dan kemampuan dalam menggunakan media.Downloads
Published
2022-05-20
How to Cite
Putri, A. R. ., Melhana, M., & Noviyanti, S. . (2022). Problematika Guru Dalam Proses Pembelajaran Tematik Selama Masa Pandemi Covid-19 di SDN 64/I Muara Bulian. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 418–431. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4327
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Adella Rahmadi Putri, Melhana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).