Problematika Guru Dalam Proses Pembelajaran Tematik Selama Masa Pandemi Covid-19 di SDN 64/I Muara Bulian

Authors

  • Adella Rahmadi Putri Universitas Jambi
  • Melhana Melhana Universitas Jambi
  • Silvina Noviyanti Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4327

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan problematika yang dialami guru kelas V SDN 64/1 Muara Bulian Tahun Pelajaran 2021/2022 dalam pembelajaran tematik selama masa pandemi covid-19. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 64/1 Muara Bulian pada desember 2021. Data penelitian didapat dengan cara observasi dan wawancara dengan guru kelas V. Setelah data dikumpulkan, penyajian data, dan verifikasi (penarikan kesimpulan). Hasilnya menunjukan guru mengalami problematika dalam pembelajaran tematik selama masa pandemi. Problematika ditemukan dalam tahapan-tahapan melaksanaan pembelajaran tematik, yaitu 1) perencanaan, yaitu (a) kesulitan membuat RPP dan metode, 2) pelaksanaan, yaitu (a) terbatasnya komunikasi, (b) terbatasnya fasilitas, (c) terbatas teknologi aplikasi pembelajaran, 3) evaluasi, yaitu (a) kesulitan menilai sikap, (b) siswa terlambat dan tidak mengumpulkan tugas, (c) tugas yang dikumpulkan tidak jelas. Problematika pembelajaran tatap muka: 1) perencanaan, yaitu (a) kesulitan menentukan RPP, metode dan media pembelajaran, 2) pelaksanaan, yaitu (a) siswa yang cuek dan tidak fokus, (b) metode pembelajaran terbatas, 3) evaluasi, yaitu (a) masih ada siswa yang terlambat mengumpulkan tugas. Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru dapat mempersiapkan pelaksanaan pembelajaran dalam keadaan darurat seperti pandemi covid-19, diharapkan guru dapat memperhatikan problematika selama kegiatan pembelajaran, dan guru dapat lebih meningkatkan kreatifitas dan kemampuan dalam menggunakan media.

Downloads

Published

2022-05-20

How to Cite

Putri, A. R. ., Melhana, M., & Noviyanti, S. . (2022). Problematika Guru Dalam Proses Pembelajaran Tematik Selama Masa Pandemi Covid-19 di SDN 64/I Muara Bulian. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 418–431. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4327

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5