Implementasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Secara Daring Di SDN 181/II Cilodang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4326Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Quizizz sebagai media pembelajaran secara daring di SDN 181/II Cilodang. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui implementasi Quizizz sebagai media pembelajaran secara daring diantaranya: persiapan, pelaksanaan/penyajian dan tindak lanjut dalam implementasi Quizizz secara daring. Pada penelitian, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini yaitu guru dan peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yaitu: (1) tahap persiapan yang dilakukan oleh guru dan peserta didik dalam memahami penggunaan Quizizz, guru membuat rencana pelaksanaan pembelajaran dengan media Quizizz, serta pemahaman dalam pembuatan soal kuis; (2) tahap pelaksanaan kuis menggunakan Quizizz secara daring. Pada tahapan ini, guru melakukan pembukaan kegiatan kuis, memberikan arahan kepada peserta didik, setelah itu mengirimkan link kuis melalui grup kelas. Peserta didik diminta untuk mengikuti arahan yang telah dibuat untuk masuk ke laman agar dapat mengerjakan kuis menggunakan Quizizz. Guru dapat memantau peserta didik yang sudah memasuki link kuis tersebut dengan fitur Quizizz yang telah disediakan, setelah itu pada tahapan ini dapat mengetahui kendala yang dialami guru serta peserta didik dalam menggunakan Quizizz; (3) tahapan tindak lanjut, pada tahapan ini, guru membuat kuis ulang untuk soal yang belum tuntas dengan materi yang sama, setelah itu membuat rencana untuk kedepannya agar kegiatan kuis menggunakan Quizizz menjadi lebih baik lagi denganmemperbaiki segala kekurangan yang ada.Downloads
Published
2022-05-20
How to Cite
Fiaski, C. A. ., Rizkia, S. ., Pandya, P. A. ., & Noviyanti, S. . (2022). Implementasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Secara Daring Di SDN 181/II Cilodang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 407–417. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4326
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Cici Adila Fiaski, Syarifah Rizkia, Pebri Azmi Pandya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).