Penerapan Model Pembelajaran Time Token Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Swasta Kristen BNKP
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.18123Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil studi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti sebelum melakukan penelitian dimana hasil belajar siswa rata-rata dibawah KKM sehingga banyak hasil belajar yang tidak tuntas pada mata pelajaran Ekonomi dan model pembelajaran yang digunakan masih monoton dan belum optimal dilaksanakan di SMA Swasta Kristen BNKP. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk membuktikan apakah hasil belajar siswa melalui penerapan Model Pembelajaran Time Token pada mata pelajaran Ekonomi di kelas X SMA Swasta Kristen BNKP Tahun Pelajaran 2022/2023. (2) Untuk mengetahui penerapan Model Pembelajaran Time Token pada mata pelajaran Ekonomi di kelas X SMA Swasta Kristen BNKP Tahun Pelajaran 2022/2023 dengan jumlah siswa sebanyak 24 orang. Berdasarkan hasil yang ditemukan peneliti di lokasi penelitian, diketahui bahwa: (1) Hasil observasi guru pada siklus I (pertemuan 1 dan 2) mencapai rata- rata 71,15% sedangkan pada Siklus II (pertemuan 1 dan 2) kemampuan guru dalam pelaksanaan proses pembelajaran mencapai rata-rata 86,53%. (2) Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I mencapai rata-rata 42,02% dan pada siklus II mengalami peningkatan yang signifikan dengan rata-rata mencapai 78,38%. (3) Hasil evaluasi pembelajaran pada siklus I, diperoleh rata-rata yaitu 47,44% pada siklus II meningkat menjadi 88,30%. (4) persentase ketuntasan yang dicapai pada siklus I adalah sebesar 29,16%, dan siklus II mencapai sebesar 100%. Dengan demikian, peneliti menyimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa pada Penerapan Pembelajaran Time Token di SMA Swasta Kristen BNKP Gunungsitoli Tahun Pelajaran 2022/2023.Downloads
Published
2023-08-25
How to Cite
Zagoto, V. V. K., & Lahagu, A. . (2023). Penerapan Model Pembelajaran Time Token Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Swasta Kristen BNKP. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(4), 571–581. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.18123
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Veronika Vinny K. Zagoto, Arianto Lahagu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).