Pengembangan RPP Berbasis Model Quiz Team Untuk Meningkatkan Keterampilan Bertanya dalam Mengatasi Silence Culture Kelas X di SMK Negeri 1 Gunungsitoli
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.17956Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil observasi di SMK Negeri 1 Gunungsitoli yang selama ini komponen RPP yang digunakan sudah lengkap dan sesuai namun masih belum mencantumkan rincian penggunaan waktu, indikator serta media yang digunakan, pembelajaran masih berpusat pada guru dengan metode ceramah yang membuat peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan RPP Berbasis Model Quiz Team pada materi rencana usaha kecil dan menengah, untuk mengetahui pengembangan RPP Berbasis Model Quiz Team pada materi rencana usaha kecil dan menengah, kelayakan dan kepraktisan. Hasil validasi materi oleh validator I pada RPP Berbasis Model Quiz Team sebesar 96,55% dengan kriteria sangat layak, hasil validasi materi oleh validator II pada RPP Berbasis Model Quiz Team sebesar 97,41% dengan kriteria sangat layak, hasil validasi bahasa oleh validator III pada RPP Berbasis Model Quiz Team sebesar 97,5% dengan kriteria sangat layak, hasil validasi desain oleh validator IV pada RPP Berbasis Model Quiz Team sebesar 95,83% dengan kriteria sangat layak. Kepraktisan keterampilan bertanya pada uji coba skala kecil sebesar 85,92% dengan kriteria sangat praktis dan uji coba lapangan sebesar 94,85% dengan kriteria sangat praktis.Downloads
Published
2023-08-25
How to Cite
Harefa, M. N. D., & Lahagu, A. (2023). Pengembangan RPP Berbasis Model Quiz Team Untuk Meningkatkan Keterampilan Bertanya dalam Mengatasi Silence Culture Kelas X di SMK Negeri 1 Gunungsitoli. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(4), 640–654. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.17956
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Mei Nelvi Daryani Harefa, Arianto Lahagu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).