Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di UPTD Smp Negeri 1 Gunungsitoli Utara Tahun Pelajaran 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.17945Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dari pengamatan peneliti pada pelaksanaan pembelajaran di UPTD SMP Negeri 1 Gunungsitoli Utara yang selama ini memiliki faktor suatu hambatan dalam proses pembelajarannya salah satunya masih menggunakan model konvensional (ceramah) sehingga hasil belajar siswa masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif, Siswa kelas VIII di UPTD SMP Negeri 1 Gunungsitoli Utara yang terdiri dari dua kelas dimana kelas VIII-A dan VIII-D. Kelas VIII-A berjumlah 20 orang sebagai kelas eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dan kelas VIII-D berjumlah 20 orang sebagai kelas kontrol dengan menerapkan model pembelajaran Konvesional. Instrumen yang digunakan peneliti berupa tes uraian sebanyak 5 soal. Berdasarkan hasil penelitian, secara spesifik disimpulkan bahwa rata – rata hasil belajar siswa pada pemberian tes akhir kelas eksperimen yaitu 84,33 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol dengan rata – rata hasil belajar siswa yaitu 73,73. Hasil pengujian hipotesis menggunakan statistik parametrik yaitu Uji t independen diperoleh ??i???g = 6,592 dan ?????? = 2,004 Karena t = 6,592 tidak terletak pada interval –2,004 ? t ? 2,004, maka tolak H0 Ditolak Ha Diterima. Simpulan umum dapat disampaikan bahwa, ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII-A UPTD SMP Negeri 1 Gunungsitoli Utara Tahun pelajaran 2022/2023.Downloads
Published
2023-08-25
How to Cite
Halawa, A., & Lahagu, A. . (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di UPTD Smp Negeri 1 Gunungsitoli Utara Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(4), 592–602. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.17945
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Agusrita Halawa, Arianto Lahagu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).