Integrasi Nilai-Nilai Islam Pada Pembelajaran IPS (Studi deskriptif pembelajaran IPS di Mts Qaryatul Jihad Pndok Kubang Bengkulu Tengah)
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.13836Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya integrasi penerapan nilai-nilai Islam pada proses pembelajaran IPS. Untuk menanamkan nilai-nilai Islam tersebut, sekolah merealisasikannya dalam proses pembelajaran. Penting untuk diteliti tentang bagaimana penerapan nilai-nilai Islam melalui proses pembelaran IPS di Mts Qaryatul Jihad Pndok Kubang Bengkulu Tengah , dimaksudkan agar diperoleh informasi yang relevan mengenai penerapan nilai-nilai Islam pada pembelajaran IPS. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan nilai-nilai Islam pada pembelajaran IPS di Mts Qaryatul Jihad Pndok Kubang Bengkulu Tengah. Secara khusus tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) bentuk program sekolah; (2) nilai-nilai Islam apa saja; (3) proses; (4) hasil dari penerapan nilai-nilai Islam pada pembelajaran IPS di Mts Qaryatul Jihad Pndok Kubang Bengkulu Tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi deskriptif. Partisipan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, kurikulum, guru IPS dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan studi wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam bentuk reduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil Penelitian menunjukan bahwa penerapan nilai-nilai Islam pada pembelajaran studi deskriptif pembelajaran IPS di Mts Qaryatul Jihad Pndok Kubang Bengkulu Tengah membuat para siswa memahami nilai-nilai Islam dan menerapkan nilai-nilai Islam di dalam kelas, sekolah, dan rumah.Downloads
Published
2022-06-30
How to Cite
Zuraidah, Z., & Sari , S. N. . (2022). Integrasi Nilai-Nilai Islam Pada Pembelajaran IPS (Studi deskriptif pembelajaran IPS di Mts Qaryatul Jihad Pndok Kubang Bengkulu Tengah). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 2699–2708. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.13836
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Zuraidah, Sinta Novita Sari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).