Moderasi Beragama Dalam Buku Ajar Pai Dan Budi Pekerti Untuk Membentuk Siswa Yang Moderat Pada SMA/SMK Kelas X Kurikulum Merdeka
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11173Abstract
Penelitian ini terfokus pada (1) Apa materi pokok moderasi beragama dalam pada buku ajar pendidikan agama Islam dan budi pekerti kelas x SMA/SMK kurikulum merdeka(2) Bagaimana muatan nilai-nilai moderasi beragama dalam buku ajar pendidikan agama Islam dan budi pekerti kelas X SMA/SMK kurikulum merdeka? (3) Apa makna ayat nilai-nilai moderasi beragama dalam buku ajar pendidikan agama Islam dan budi pekerti kelasx SMA/SMK kurikulummerdeka?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi teks (kepustakaan). Pengumpulan data dilakukan dengan telaah dokumen yaitu buku-buku ajar pendidikan agama Islam dan budi pekerti kelasX SMA/SMK kurikulum merdeka KEMENDIKBUD Tahun 2021. Teknik analisis data menggunakan analisis isi dan content analisis. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Secara implisit ataupun eksplisit sebagian besar mengandung nilai-nilai moderasi beragama yang terdapat sebanyak 18 sub bab mengandung prinsip moderasi beragama dari total 13 bab secara keseluruhan (2) Di dalam buku teks mata pelajaran PAI dan Budi Pekertikelas X SMA/SMK kurikulum merdeka cukup mengandung muatan nilai-nilai moderasi beragama yang terdapat sebanyak 18 teks. Adapun nilai-nilai moderasinya yaitu a) Egaliter; b) Keadilan; c) Toleransi; d) Demokrasi; e) Anti Kekerasan; f) Musyawarah; g) Akomodatif Terhadap Kebudayaan Lokal; h) Menghindari Berlebih-lebihan; i) Moderasi dalam Beribadah; j) Pengetahuan atau Pemahaman yang Benar. (3) Temuan ayat yang mengandung nilai-nilai moderasi beragama dalam buku-buku ajar pendidikan agama Islam dan budi pekerti kelas X SMA/SMK kurikulum merdeka yakni terdapat dalam surat Al-Hujarat/49 ayat 13, Al-Maidah/5 ayat 8, Ali ‘Imran/3 ayat 15 dan Al-Baqarah/2 ayat 42Downloads
Published
2023-01-07
How to Cite
Sari, S. N. ., Suradi, A. ., & Chandra, P. . (2023). Moderasi Beragama Dalam Buku Ajar Pai Dan Budi Pekerti Untuk Membentuk Siswa Yang Moderat Pada SMA/SMK Kelas X Kurikulum Merdeka . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 1572–1579. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11173
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Sinta Novita Sari, Ahmad Suradi, Pasmah Chandra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).