Keefektifan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Mranggen 2

Authors

  • Hendra Gunawan Universitas PGRI Semarang
  • Suyitno Suyitno Universitas PGRI Semarang
  • Diana Endah Handayani SD Negeri Mranggen 2

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13482

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Rendahnya hasil belajar dipengaruhi oleh  Kurang aktif dan kurang antusiasnya siswa dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran yang digunakan juga kurang bervariasi. Penggunaan model pembelajaran konvensional yang tidak sesuai dengan materi yang diajarkan sehingga siswa sangat pasif dan pembelajaran bersifat monoton. Dalam pembelajaran juga belum menggunakan media pembelajaran yang efektif untuk menarik  perhatian siswa.dengan itubahwa penggunaan model Discovery Learning terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri Mranggen 2. Dengan rata-rata nilai 81,20 dan uji t diperoleh 2,869 sehingga keefektifan siswa terhadap hasil belajar sebesar 85% dan selisih perbandingan kedua kelas sebesar 16,75%. Dapat disimpulkan bahwa Model Discovery Learning efektif terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Mranggen 2.

Downloads

Published

2023-03-30

How to Cite

Gunawan, H. ., Suyitno, S., & Handayani, D. E. . (2023). Keefektifan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Mranggen 2. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 2174–2177. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13482