Keefektifan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Mranggen 2
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13482Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Rendahnya hasil belajar dipengaruhi oleh Kurang aktif dan kurang antusiasnya siswa dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran yang digunakan juga kurang bervariasi. Penggunaan model pembelajaran konvensional yang tidak sesuai dengan materi yang diajarkan sehingga siswa sangat pasif dan pembelajaran bersifat monoton. Dalam pembelajaran juga belum menggunakan media pembelajaran yang efektif untuk menarik perhatian siswa.dengan itubahwa penggunaan model Discovery Learning terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri Mranggen 2. Dengan rata-rata nilai 81,20 dan uji t diperoleh 2,869 sehingga keefektifan siswa terhadap hasil belajar sebesar 85% dan selisih perbandingan kedua kelas sebesar 16,75%. Dapat disimpulkan bahwa Model Discovery Learning efektif terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Mranggen 2.Downloads
Published
2023-03-30
How to Cite
Gunawan, H. ., Suyitno, S., & Handayani, D. E. . (2023). Keefektifan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Mranggen 2. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 2174–2177. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13482
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Hendra Gunawan, Suyitno, Diana Endah Handayani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).