Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Teknik Nominal Group

Authors

  • Wiwid Satriyo Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Molli Wahyuni Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Musnar Indra Daulay Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.13067

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas IV SD S Tiga Hati Kepenuhan Hulu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif dengan teknik Nominal Group dalam meningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas IV SD S Tiga Hati Kepenuhan Hulu. Penelitian ini dilaksanakan pada awal semester genap tahun ajaran 2021/2021 di SD S Tiga Hati Kepenuhan Hulu Kecamatan Bangkinang dengan subjek penelitian siswa kelas IV yang berjumlah sebanyak 22 orang siswa. Adapun objek penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika dan penerapan model pembelajaran kooperatif dengan teknik Nominal Group. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Dalam menganalisis data tersebut penulis menggunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan  bahwa hasil belajar IPA siswa  dengan model pembelajaran inkuiri  di kelas IV SD S Tiga Hati Kepenuhan Hulu Kabupaten Kampar pada siklus I tergolong baik dengan rata-rata 65,09, selanjutnya dari 22 orang siswa hanya 13 (59%) yang mencapai ketuntasan secara individual. Hasil belajar siswa pada siklus II tergolong baik dengan rata-rata 76,8, dan dari 22 orang siswa terdapat 18 orang (82%) siswa yang mencapai ketuntasan secara individual. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran inkuiri dapat menigkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD S Tiga Hati Kepenuhan Hulu.

Downloads

Published

2023-02-25

How to Cite

Satriyo, . W. ., Wahyuni, M. ., & Daulay, M. I. . (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Teknik Nominal Group. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 6057–6065. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.13067