Strategi Guru Dalam Menstimulasi Motorik Halus Anak Usia Dini di TK Widyatul Hasanah Percut Sei Tuan

Authors

  • Siti Maysarah UIN Sumatera Utara
  • Arlina Arlina UIN Sumatera Utara
  • Mohammad Al farabi UIN Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11814

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan strategi guru dalam menstimulasi  keterampilan motorik halus anak usia dini di TK Widyatul Hasanah Percut Sei Tuan. Perkembangan kemampuan motorik halus anak di sekolah guru sebagai tenaga pendidik yang bertanggung jawab dalam melaksanakan interaksi tersebut untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak,dengan itu guru perlu memiliki strategi dan pemahaman yang sangat mendalam tentang perkembangan motorik halus pada peserta didiknya.Penelitian ini nantinya diharapkan dapat membuktikan teori-teori yang menyimpulkan bahwa motorik halus anak usia dapat berkembang dengan pemberian stimulus melalui strategi yang tepat. Jenis penelitian yang dilakukan adalah deskriptif kualitatif yaitu data yang dikumpulkan berupa kata-kata, gambar, dan bukan angka-angka. Kemudian penyajian laporan berisi kutipan-kutipan data yang diperoleh dari naskah wawancara, catatan lapangan, dokumentasi foto dan video. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan di TK Widyatul Hasanah Percut Sei Tuan Terlihat bahwa sekolah menerapkan strategi Pembelajaran Ekspositori yang menekankan atau menitikberatkan proses penyampaian materi secara verbal dari seorang guru, yang berfokus pada penyampaian guru kepada peserta didik dengan sistem shift atau bergantian.

Downloads

Published

2023-01-22

How to Cite

Maysarah, S. ., Arlina, A., & Al farabi, M. . (2023). Strategi Guru Dalam Menstimulasi Motorik Halus Anak Usia Dini di TK Widyatul Hasanah Percut Sei Tuan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 5082–5091. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11814