Strategi Guru Dalam Menstimulasi Motorik Halus Anak Usia Dini di TK Widyatul Hasanah Percut Sei Tuan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11814Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan strategi guru dalam menstimulasi keterampilan motorik halus anak usia dini di TK Widyatul Hasanah Percut Sei Tuan. Perkembangan kemampuan motorik halus anak di sekolah guru sebagai tenaga pendidik yang bertanggung jawab dalam melaksanakan interaksi tersebut untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak,dengan itu guru perlu memiliki strategi dan pemahaman yang sangat mendalam tentang perkembangan motorik halus pada peserta didiknya.Penelitian ini nantinya diharapkan dapat membuktikan teori-teori yang menyimpulkan bahwa motorik halus anak usia dapat berkembang dengan pemberian stimulus melalui strategi yang tepat. Jenis penelitian yang dilakukan adalah deskriptif kualitatif yaitu data yang dikumpulkan berupa kata-kata, gambar, dan bukan angka-angka. Kemudian penyajian laporan berisi kutipan-kutipan data yang diperoleh dari naskah wawancara, catatan lapangan, dokumentasi foto dan video. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan di TK Widyatul Hasanah Percut Sei Tuan Terlihat bahwa sekolah menerapkan strategi Pembelajaran Ekspositori yang menekankan atau menitikberatkan proses penyampaian materi secara verbal dari seorang guru, yang berfokus pada penyampaian guru kepada peserta didik dengan sistem shift atau bergantian.Downloads
Published
2023-01-22
How to Cite
Maysarah, S. ., Arlina, A., & Al farabi, M. . (2023). Strategi Guru Dalam Menstimulasi Motorik Halus Anak Usia Dini di TK Widyatul Hasanah Percut Sei Tuan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 5082–5091. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11814
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Siti Maysarah, Arlina, Mohammad Al farabi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).