Penerapan Saintifik 2013 Dalam Pembelajaran Al Qur'an Hadist di MTs Alwashliyah Tanjung Pasir

Authors

  • Arlina Arlina Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Hasita Dwi Putri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Muhammad Saif Aziz Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Zaidan Zega Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Laila Parhani Hasibuan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.10949

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian terhadap penerapan pendekatan scientific yang dilaksanakan oleh pendidik Al-Quran Hadist MTs Alwashliyah Tanjung Pasir. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif, sedangkan pengambilan data dilaksanakan di MTs Alwashliyah Tanjung Pasir. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi yang difokuskan kepada pendidik Al-Quran Hadist. Responden sumber data adalah pendidik Al-Quran Hadist 1 orang dan 2 orang peserta didik. Validasi data dilakukan dengan teknik triangulasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif mencakup pengumpulan data, reduksi data, menyajikan data, dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian diatas menyatakan penerapan pendekatan scientific dalam pembelajaran Al-Quran Hadist MTs Alwashliyah Tanjung Pasir keseluruhan sudah berjalan seutuhnya seperti melakukan perencanaan pembelajaran yang berupa RPP sebelum melakukan pembelajaran. RPP yang dibuat tertuang dalam kegiatan pelaksanaan pembelajaran yaitu pendidik sudah melakukan kegiatan secara penuh pembelajaran Al-Qur’an Hadist dengan pendekatan saintifik 5M.

Downloads

Published

2023-01-03

How to Cite

Arlina, A., Putri, H. D. ., Aziz, M. S. ., Zega, Z. ., & Hasibuan, L. P. . (2023). Penerapan Saintifik 2013 Dalam Pembelajaran Al Qur’an Hadist di MTs Alwashliyah Tanjung Pasir. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 395–400. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.10949