Penerapan Saintifik 2013 Dalam Pembelajaran Al Qur'an Hadist di MTs Alwashliyah Tanjung Pasir
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.10949Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian terhadap penerapan pendekatan scientific yang dilaksanakan oleh pendidik Al-Quran Hadist MTs Alwashliyah Tanjung Pasir. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif, sedangkan pengambilan data dilaksanakan di MTs Alwashliyah Tanjung Pasir. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi yang difokuskan kepada pendidik Al-Quran Hadist. Responden sumber data adalah pendidik Al-Quran Hadist 1 orang dan 2 orang peserta didik. Validasi data dilakukan dengan teknik triangulasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif mencakup pengumpulan data, reduksi data, menyajikan data, dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian diatas menyatakan penerapan pendekatan scientific dalam pembelajaran Al-Quran Hadist MTs Alwashliyah Tanjung Pasir keseluruhan sudah berjalan seutuhnya seperti melakukan perencanaan pembelajaran yang berupa RPP sebelum melakukan pembelajaran. RPP yang dibuat tertuang dalam kegiatan pelaksanaan pembelajaran yaitu pendidik sudah melakukan kegiatan secara penuh pembelajaran Al-Qur’an Hadist dengan pendekatan saintifik 5M.Downloads
Published
2023-01-03
How to Cite
Arlina, A., Putri, H. D. ., Aziz, M. S. ., Zega, Z. ., & Hasibuan, L. P. . (2023). Penerapan Saintifik 2013 Dalam Pembelajaran Al Qur’an Hadist di MTs Alwashliyah Tanjung Pasir. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 395–400. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.10949
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Arlina, Hasita Dwi Putri, Muhammad Saif Aziz, Zaidan Zega, Laila Parhani Hasibuan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).