Implementasi Pembelajaran di Sekolah RA Ar-Ridha

Authors

  • Arlina Arlina Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Adinda Putri Aulia Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Jihan Emelia Sari Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Ulandari Ulandari Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Aida Syafitri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11596

Abstract

Pada masa periode enam tahun pertama dalam kehidupan anak disebut dengan masa keemasan (golden period). Pada masa ini anak sangat mementingkan pertumbuhan dan perkembangan dalam proses segi intelektual, spiritual, fisik motorik, emosional dan sosial. Pertumbuhan dan perkembangan ini dapat didukung oleh pemberian rangsangan pendidikan. Dengan pendidikan anak usia dini mampu belajar secara menyenangkan dengan menerapkan esensi bermain dalam belajarnya karena kegiatan bermain merupakan dunia anak usia prasekolah. Salah satu model pembelajaran yang diterapkan untuk mengajar anak usia dini adalah dengan menggunakan pendekatan sentra seperti yang dilakukan pada kelompok bermain (KB). Adapun beberapa bagian sentra yang terdiri menjadi empat macam bagian yaitu sentra persiapan, sentra balok, sentra alam cair, dan sentra kreativitas. Para guru dapat membantu anak untuk mengembangkan berbagai aspek perkembangan dan kecerdasannya dengan menerapkan bagian sentra tersebut. Sentra adalah pembelajaran terpadu yang terbaik. Pendekatan ini terbukti sangat efektif digunakan dalam pembelajaran anak usia dini.

Downloads

Published

2023-01-15

How to Cite

Arlina, A., Aulia, A. P. ., Sari, J. E. ., Ulandari, U., & Syafitri, A. . (2023). Implementasi Pembelajaran di Sekolah RA Ar-Ridha. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 3660–3665. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11596