Urgensitas Pembelajaran Psikologi Pendidikan Bagi Pendidik Jenjang Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11652Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa urgensitas pembelajaran psikologi pendidikan bagi pendidik jenjang anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kepustakaan. Pembahasan dalam riset ini dikutip dari berbagai pendapat para ahli (ilmuan/sarjana) dan hasil penelitian relevan terdahulu tentang psikologi dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa psikologi pendidikan merupakan suatu disiplin ilmu yang menyelidiki masalah kejiwaan melalui gejala yang dimunculkan dalam aktivitas seseorang (individu) secara komprehensif dalam proses pembelajaran sebagai bentuk interaktif antara pendidik dan peserta didik. Melalui psikologi, siswa akan dapat diidentifikasi tingkat permasalahan yang dialami sehingga mengganggu kejiwaan anak selama proses pembelajaran berlangsung. Untuk itu, guru harus dapat memahami keadaan mental anak didik, mampu mengelola atau memimpin proses pembelajaran, serta memfasilitasi peserta didik mencari solusi atas permasalahan yang dihadapi anak. Dengan demikian, pembelajaran psikologi akan menjadi modal utama bagi guru dalam memberi bimbingan atau pengarahan terhadap anak usia dini.Downloads
Published
2023-01-17
How to Cite
Zairina, N. ., Putri, D. D. ., & Ali, R. P. . (2023). Urgensitas Pembelajaran Psikologi Pendidikan Bagi Pendidik Jenjang Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 4043–4048. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11652
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Nun Zairina, Dhea Dwita Putri, Ririn Putri Ali
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).