Urgensitas Pembelajaran Psikologi Pendidikan Bagi Pendidik Jenjang Anak Usia Dini

Authors

  • Nun Zairina Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Dhea Dwita Putri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Ririn Putri Ali Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11652

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa urgensitas pembelajaran psikologi pendidikan bagi pendidik jenjang anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kepustakaan. Pembahasan dalam riset ini dikutip dari berbagai pendapat para ahli (ilmuan/sarjana) dan hasil penelitian relevan terdahulu tentang psikologi dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa psikologi pendidikan merupakan suatu disiplin ilmu yang menyelidiki masalah kejiwaan melalui gejala yang dimunculkan dalam aktivitas seseorang (individu) secara komprehensif dalam proses pembelajaran sebagai bentuk interaktif antara pendidik dan peserta didik. Melalui psikologi, siswa akan dapat diidentifikasi tingkat permasalahan yang dialami sehingga mengganggu kejiwaan anak selama proses pembelajaran berlangsung. Untuk itu, guru harus dapat memahami keadaan mental anak didik, mampu mengelola atau memimpin proses pembelajaran, serta memfasilitasi peserta didik mencari solusi atas permasalahan yang dihadapi anak. Dengan demikian, pembelajaran psikologi akan menjadi modal utama bagi guru dalam memberi bimbingan atau pengarahan terhadap anak usia dini.

Downloads

Published

2023-01-17

How to Cite

Zairina, N. ., Putri, D. D. ., & Ali, R. P. . (2023). Urgensitas Pembelajaran Psikologi Pendidikan Bagi Pendidik Jenjang Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 4043–4048. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11652