Pendidikan Berbasis Wahdatul Ulum dalam Al-Qur’an

Authors

  • Mariyati Mariyati Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nanda Nurul Baiti Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Ahmad Darlis Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Asnil Aidah Ritonga Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11651

Abstract

Pendidikan berbasis wahdatul ulum bertujuan untuk menghapuskan polaritas pengetahuan dan membentuk paradigma pendidikan baru. Ada pemisahan yang telah ada sejak lama antara sains yang didasarkan pada pengetahuan umum dan sains yang didasarkan pada agama. Selain itu, banyak masyarakat Islam yang masih berpandangan bahwa sains dan agama tidak dapat hidup berdampingan karena domainnya yang berbeda. Pergeseran paradigma ini dapat dicapai dan mampu menawarkan solusi untuk masalah sosial. Eksplorasi ini merupakan jenis penelitian library research, khususnya eksplorasi yang dipimpin dengan memanfaatkan sumber-sumber pustaka, membaca dan mencari informasi dari tulisan untuk menangani masalah dalam penelitian dengan memanfaatkan bahan pustaka, seperti buku, catatan harian dan artikel relevan dengan pendidikan berbasis wahdatul ulum. Pembahasan yang terjadi pada artikel ini bermuara pada kesimpulan bahwa di dalam Al-Qur'an terdapat ayat-ayat yang berbicara tentang pendidikan berbasis wahdatul ulum dan bagaimana penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Ayat alquran tentang pendidikan berbasis wahdatul ulum dapat ditemukan dalam QS. Ali Imran: 190-191. Ayat-ayat ini menjelaskan mengapa pendidikan berbasis wahdatul ulum itu penting, bagaimana itu tanda kekuasaan Allah swt. dan apa yang menjadikan ulul albab spesial.

Downloads

Published

2023-01-17

How to Cite

Mariyati, M., Baiti, N. N. ., Darlis, A. ., & Ritonga, A. A. . (2023). Pendidikan Berbasis Wahdatul Ulum dalam Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 4034–4042. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11651

Most read articles by the same author(s)