Pendidikan Berbasis Wahdatul Ulum dalam Al-Qur’an
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11651Abstract
Pendidikan berbasis wahdatul ulum bertujuan untuk menghapuskan polaritas pengetahuan dan membentuk paradigma pendidikan baru. Ada pemisahan yang telah ada sejak lama antara sains yang didasarkan pada pengetahuan umum dan sains yang didasarkan pada agama. Selain itu, banyak masyarakat Islam yang masih berpandangan bahwa sains dan agama tidak dapat hidup berdampingan karena domainnya yang berbeda. Pergeseran paradigma ini dapat dicapai dan mampu menawarkan solusi untuk masalah sosial. Eksplorasi ini merupakan jenis penelitian library research, khususnya eksplorasi yang dipimpin dengan memanfaatkan sumber-sumber pustaka, membaca dan mencari informasi dari tulisan untuk menangani masalah dalam penelitian dengan memanfaatkan bahan pustaka, seperti buku, catatan harian dan artikel relevan dengan pendidikan berbasis wahdatul ulum. Pembahasan yang terjadi pada artikel ini bermuara pada kesimpulan bahwa di dalam Al-Qur'an terdapat ayat-ayat yang berbicara tentang pendidikan berbasis wahdatul ulum dan bagaimana penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Ayat alquran tentang pendidikan berbasis wahdatul ulum dapat ditemukan dalam QS. Ali Imran: 190-191. Ayat-ayat ini menjelaskan mengapa pendidikan berbasis wahdatul ulum itu penting, bagaimana itu tanda kekuasaan Allah swt. dan apa yang menjadikan ulul albab spesial.Downloads
Published
2023-01-17
How to Cite
Mariyati, M., Baiti, N. N. ., Darlis, A. ., & Ritonga, A. A. . (2023). Pendidikan Berbasis Wahdatul Ulum dalam Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 4034–4042. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11651
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Mariyati, Nanda Nurul Baiti, Ahmad Darlis, Asnil Aidah Ritonga
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).