Kecerdasan Intelektual dalam Al-Qur’an
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11648Abstract
Tafakkara (berpikir) dalam surat Al-Baqarah dan Fahima (pemahaman) dalam surat Al- Anbiya’, merupakan terma kecerdasan intelektual dalam agama Islam (bersumber dari al-Qur’an) dan memiliki banyak arti, termasuk keterikatan pada setiap orang, serta makna dari setiap ayat Al-Qur'an. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kecerdasan intelektual dalam al-Qur’an. Untuk memperoleh data dengan cara membaca beberapa buku dan artikel, mengolah dan merekam bahan penelitian, serta memanfaatkan metode kualitatif deskriptif dan penelitian kepustakaan yang dikutip dalam tulisan ini. Berdasarkan penelitian ini dapat dijelaskan sebagai berikut: (1) Bagaimana orang-orang cerdas disebutkan dalam Al-Qur'an; (2) Fungsi kecerdasan intelektual; (3) Aspek Kecerdasan Intelektual dalam Al-Qur'an; (4) Kajian Kecerdasan Intelektual dalam Al-Qur'an; (5) Cara berpikir orang cerdas; (6) Pembedaan antara orang berakal dan orang berakal; dan (7) Proposisi tentang kecerdasan intelektual dalam Alquran.Downloads
Published
2023-01-17
How to Cite
Sya’bana, D. F. ., Sukandi, S., Aini, S. ., Darlis, A. ., & Ritonga, A. A. . (2023). Kecerdasan Intelektual dalam Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 4011–4015. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11648
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Dzul Fadhli Sya’bana, Sukandi, Saripah Aini, Ahmad Darlis, Asnil Aidah Ritonga
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).