Pengembangan Media Permainan (Monopoli) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa di Sekolah Dasar

Authors

  • Benedicta Dwi Adventyana Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dina Amaria Sembiring Universitas Pendidikan Indonesia
  • Tin Rustini Universitas Pendidikan Indonesia
  • Yona Wahyuningsih Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11506

Abstract

Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Sebagai seorang pendidik, guru dituntut untuk bisa menjadi pribadi yang kreatif dimanapun dia berada dan juga apapun kondisi dimana dia bertugas. Dalam berbagai muatan yang diajarkan, tak terkecuali IPS, adalah salah satu muatan yang sangat penting dan berpengaruh di dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran muatan IPS terkhusus di sekolah dasar menjadi hal yang perlu diperhatikan karena itu adalah modal peserta didik untuk hidup bersosial dengan masyarakat dan sekitarnya yang paling dasar. Pembelajaran IPS pun beragam materi dan juga beragam cara menyampaikan materi oleh pendidik. Maka dari itu monnopoli adalah salah satu media yang ditawarkan untuk membantu proses pembelajaran IPS di Sekolah Dasar tingkat Tinggi.

Downloads

Published

2023-01-13

How to Cite

Adventyana, B. D. ., Sembiring, D. A. ., Rustini, T. ., & Wahyuningsih, Y. . (2023). Pengembangan Media Permainan (Monopoli) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 3262–3266. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11506

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2