Analisis Problematika Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar Negeri Arcamanik 02 Bandung

Authors

  • Ega Regiani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Sania Amaliyah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Tin Rustini Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11505

Abstract

Penelitian yang dilaksanakan pada hari Kamis, 05 November 2022 bertujuan tujuan untuk mengenjelaskan problematika apa saja yang terjadi dalam proses pembelajaran IPS di SDN Arcamanik 02. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dengan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dipilih yaitu observasi dan wawancara dengan subjek penelitian adalah guru Kelas VI Sekolah Dasar Negeri Arcamanik 02 Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung. Hasil penelitian menunjukan bahwa masih terdapat masalah dalam pembelajaran IPS di SDN Arcamanik 02 kelas VI, salah satunya yaitu masih banyak siswa yang belum paham terhadap konsep-konsep materi IPS, bahkan masih ditemukan siswa belum bisa membaca. Oleh sebab itu, guru dan orang tua harus dapat bekerja sama untuk membimbing siswa dalam belajar, sehingga tujuan pembelajaran yang ingin diraih dapat tercapai.

Downloads

Published

2023-01-13

How to Cite

Regiani, E. ., Amaliyah, S. ., & Rustini, T. . (2023). Analisis Problematika Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar Negeri Arcamanik 02 Bandung. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 3257–3261. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11505